Indonesian Journal Of Educational Research and Review
Vol. 2 No. 3: October 2019

PENGEMBANGAN E-MODUL PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN BERBASIS APLIKASI ANDROID

Sri Husnulwati (Universitas PGRI Palembang)
Layang Sardana (Universitas PGRI Palembang)
Suryati Suryati (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2019

Abstract

Pemilihan media yang tepat tentu sangat berpengaruh terhadap berhasil tidaknya sebuah proses belajar mengajar. Modul sebagai salah satu media pembelajaran juga harus menyesuaikan, salah satu caranya dengan menggunakan modul elektronik (e-module). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, (1) pengembangan produk modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, (2) kemenarikan, kemudahan dan kemanfaatan dari penggunaan produk modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan, (3) keefektifan penggunaan modul pembelajaran elektronik (e-modul) berbasis android untuk mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Subjek uji coba produk penelitian pengembangan ini terdiri atas ahli desain, ahli isi/materi pembelajaran, uji satu lawan satu (one for one) dan uji kelompok kecil. Metode penelitian yang digunakan, yaitu Research and Development atau penelitian pengembangan. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, (1) Kualitas e-Modul Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sumber belajar terkategori layak digunakan karena secara komponen baik media, materi dan proses pembelajaran mendapatkan skor masing-masing 67,00, 150,00 dan 88,20 yang terkategori sangat layak, (2) Kelayakan e-Modul Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sumber belajar terkategori layak digunakan. Hal ini karena secara komponen baik, tampilan, pengoperasian, dan pewarnaan mendapatkan nilai masing-masing 63,33%, 63,33% dan 86,63% yang jika direrata terkategori layak digunakan

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

IJERR

Publisher

Subject

Education

Description

As an international, multi-disciplinary, peer-refereed journal, the scope of this journal is in learning and instruction area which provides a platform for the publication of the most advanced scientific researches in the areas of learning, development, instruction and teaching at Indonesian Journal ...