PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 4 No 1 (2018): PEDAGOGI

PENGARUH HUBUNGAN DAN EVALUASI BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN AKADEMIK SISWA

Epi Supriani Siregar (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia, Medan, 20227, Indonesia)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2017

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh mediasi kesadaran belajar siswa terhadap kemampuan kognitif dalam meningkatkan prestasi akademik. Artikel ini membahas tentang peran variabel hubungan guru-siswa dan evaluasi pembelajaran dalam mendorong munculnya kesadaran belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Data yang digunakan adalah data primer, dikumpulkan dari 135 guru kelas 5 dan 6 di 17 sekolah dasar di wilayah Polonia Medan Kota Medan, Indonesia. Analisis data Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif hubungan dan evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa melalui kesadaran belajar dan kemampuan kognitif dengan korelasi yang signifikan (p < 0,05). Temuan artikel ini menunjukkan bahwa kesadaran belajar siswa merupakan mediasi yang mempengaruhi peningkatan kemampuan kognitif dan prestasi belajar siswa di dalam kelas.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...