cover
Contact Name
Meida Rabia Sihite
Contact Email
fakkip.univa@gmail.com
Phone
+6281361811797
Journal Mail Official
fakkip.univa@gmail.com
Editorial Address
Jl. Sisingamangaraja No.10 Km. 5,5, Medan, Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
ISSN : 24067873     EISSN : 28072715     DOI : https://doi.org/10.47662/pedagogi.v7i2.80
Core Subject : Education,
Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini mencakup artikel penelitian, laporan penelitian asli, ulasan pendidikan di bidang apa pun termasuk: 1) Pembelajaran dan Pengajaran, 2) Filsafat Pendidikan, 3) Manajemen Pendidikan, 4) Pendidikan Agama, 5) Pendidikan Sosial, 6) Kepemimpinan Pendidikan, 7) Pendidikan Bahasa, 8) Kurikulum, Media & Teknologi Pendidikan, 9) Pendekatan Pendidikan, dll. Semua artikel akan ditinjau oleh para ahli sebelum diterima untuk publikasi. Setiap penulis bertanggung jawab penuh atas isi artikel yang diterbitkan. Pedagogi: Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Alwashliyah, Medan, Sumatera Utara, Indonesia, dengan p-ISSN: 2406-7873 dan e-ISSN: 2807-2715 .
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 149 Documents
Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan Menganalisis Struktur Teks Prosedur oleh Siswa Kelas XI SMA Arianto Arianto; Lailan Syafira Putri Lubis; Wulandari Anwar
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.80

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana Pengaruh Model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan menganalisis struktur teks prosedur siswa kelas XI SMA. Penelitian ini bertujuan untuk:1) Untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menganalisis struktur teks prosedur dengan menggunakan Model Pembelajaran ARIAS Oleh Siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat. 2) Untuk mengetahui kemampuan menganalisis struktur teks prosedur dengan menggunakan model ceramah oleh siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh Model Pembelajaran ARIAS Terhadap Kemampuan menganalisis struktur teks prosedur oleh siswa Kelas XI SMA Persiapan Stabat. Dalam pelaksanaan penelitian ini penulis menggunakan metode eksperimen yaitu penelitian yang dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan hasil sebagai sebab adanya perbedaan perlakuan yang diberikan pada eksperimen dan kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essai. Berdasarkan teknik analisis data, dapat diketahui bahwa kemampuan menganalisis struktur teks prosedur dengan menggunakan model pembelajaran ARIAS memperoleh nilai rata-rata 72,54 termasuk dalam kategori baik dan kemampuan menganalisis struktur teks prosedur model ceramah memperoleh nilai rata-rata 54,6 termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan uji-t, dengan Hasil pengujian pada taraf α= 0,05 diperoleh thitung > t tabel yaitu 24,05 >1,669. maka Ho ditolak Ha dan diterima. Oleh karena itu, terdapat pengaruh yang signifikan Pengaruh Model pembelajaran ARIAS terhadap kemampuan menganalisis struktur teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA Persiapan Stabat. Model pembelajaran pembelajaran ARIAS efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur teks prosedur oleh siswa kelas XI SMA.
IMPROVING STUDENTS’ ABILITY IN WRITING NARRATIVE TEXT THROUGH DICTOGLOSS TECHNIQUE Linda Astuti Rangkuti; Nur Fadhillah Hasanah; Hindun Sahara
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.82

Abstract

This research was aimed at improving students’ ability in writing narrative text through Dictogloss Technique. The design applied in this research was classroom action research that consisted of two cycles. This research was conducted in VIII grade at SMP Muhammadiyah Sukaramai Medan academic year 2018-2019. The instruments applied to collect the data were observation, interview and test. The data were collected in the form of observation sheet, interview guideline, and writing rubric. After the data analysis, based on the quantitative data, the students’ mean score improved. In the pre-test, the students’ mean score was 8.50. In the post-test, the score increased into 15.38. The gain score of the mean scores from the pre-test to the post-test was 6.88. Based on the qualitative data, the students were able to organize their ideas and produce narrative text well. In conclusion, the result of the research showed that the Dictogloss Technique improves students’ ability in writing narrative text.
IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH TWO STAY TWO STRAY STRATEGY Meida Rabia Sihite; Iskandar Zulkarnain; Atika Suri
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.83

Abstract

This study is aimed at improving students’ speaking skill through Two Stay Two Stray Strategy. This study was a classroom action research. The subject of the research was the students of class X MIA-1 at SMA Teladan Sei Rampah consisting of 32 students. The research was conducted in two cycles consisting of three meetings in each. The instruments for collecting data were speaking test, observation sheet, diary notes and questionnaire. Based on the speaking test results, students’ scores kept improving in every test. On the orientation test, the mean score was 39.5. There were no students gaining score ≥ 75. In the first meeting of Cycle I, the mean score was 43. There were no students gaining score ≥ 75. In the second meeting, the mean score was 47.3. There were no students gaining score ≥ 75. In the third meeting, the mean score was 49.36. There were no students gaining score ≥ 75. In the first meeting of Cycle II, the mean score was 57.5. The number of students gaining score ≥ 75 was 5 (15.6%). In the second meeting, the mean score was 72.78. The number of students gaining score ≥ 75 was 20 (62.5%). In the third meeting, the mean score was 82.30. The number of students obtaining score ≥ 75 was 30 (93.75%). Based on the observation sheet, diary notes, and questionnaire, it was revealed the learning process ran well. The students were active and enthusiastic in learning. Thus, Two Stay Two Stray Strategy can improve students’ speaking skill
PERBANDINGAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBER HEAD TOGETHER DENGAN THINK PAIR SHARE PADA KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA Nur Rahmi Rizqi; Khoiruddin Matondang; Naili Sofa
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.84

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran number head together dengan think pair share pada kemampuan koneksi matematika siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs YASPI Labuhan Deli dan yang dijadikan sebagai sampel sebanyak 2 kelas yang diambil secara acak. Pada kelas eksperimen 1 diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran NHT, sedangkan pada kelas eksperimen 2 diberi pembelajaran menggunakan model pembelajaran TPS. Instrmen dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematika sebanyak lima soal yang sebelumnya telah divalidasi oleh 2 orang validator dan diujicobakan di kelas lain di luar sampel penelitian untuk melihat validitas dan reliabilitas. Sebelum pengujian hipotesis terlebih dahulu diuji normalitas dan homogenitas tes. Normalitas diuji dengan menggunakan uji Lilliefors dan homogenitas dengan menggunakan uji F. Dari pengujian yang dilakukan diperoleh bahwa sampel berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil penelitian kemampuan koneksi matematika kelas eksperimen-1 yang diajar menggunakan model pembelajaran NHT, diperoleh rata-rata tes sebesar 77,83, varians 78,01, dan simpangan baku 8,83 Sedangkan dari kelas eksperimen-2 yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS, diperoleh rata-rata tes sebesar 69,22, varians 65,33, dan simpangan baku 8,08. Dari pengujian hipotesis pada taraf nyata α = 0,05 dengan dk = 46 diperoleh thitung > ttabel atau 7,18 > 1,99. Dengan demikian hipotesis penelitian diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbandingan Perbandingan Model Pembelajaran Number Head Together Dengan Think Pair Share Pada Kemampuan Koneksi Matematika Siswa.
PENERAPAN MEDIA KIDOODLE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYIMAK CERITA ANAK Sisi Rosida; Meilyana Putri Bangun
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.85

Abstract

Perkembangan teknologi menyediakan berbagai fasilitas untuk belajar. Salah satunya media pembelajaran melalui aplikasi digital sebagai wadah pembelajaran inovatif dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan hasil penerapan media kidoodle dalam meningkatkan keterampilan menyimak cerita anak pada siswa kelas IV YPI Amir Hamzah. Penelitian ini adalah penelitian tindakan yang bertahap 2 siklus, meliputi: tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dengan observasi, catatan lapangan, dan tes. Analisis data penelitian dilakukan secara kualitatif, dianalisis dari hasil observasi dan catatan lapangan. Adapun temuan penelitian: (1) adanya peningkatan keterampilan siswa dalam menyimak cerita anak pada proses penerapan media kidoodle pada struktur cerita anak, dan (2) Peningkatan ketuntasan belajar siswa dibuktikan pada siklus I dengan nilai rata-rata hanya 66, meningkat menjadi 89,4. Hal ini menunjukkan media kidoodle memberikan dampak positif dalam peningkatan keterampilan menyimak cerita anak.
NOUN PHRASE CONSTRUCTION IN DESCRIPTIVE WRITING BY SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS Wiki Tedi Rahmawati; Hindun Lubis; Nur Widya Ningsih
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.86

Abstract

This study analyzed the types of noun phrase construction. There were two problems in this study, namely the types of noun phrase construction found in writing by the first year students of senior high school and the dominant type of noun phrase constructions found in writing by the first year students of senior high school. The data in this study were taken from the students’ samples of writing particularly descriptive writing. There were two parallel classes involved which consisted of 50 students as total population and sample. This study was designed as a qualitative descriptive. The results of the analysis found that the students mostly used three types of noun phrase construction; they were Modifier + Head (M + H), Head + Modifier (H + M), and Modifier + Head + Modifier (M + H + M). As the most dominant type of noun phrase construction made by the students was the types of Modifier + Head (M + H) particularly in the arrangement of Determiner + Noun (68.03%).
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA Simamora , Yumira; Siswadi, Siswadi; Ermayani, Ade
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.87

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Guru belum bervariasi dalam menggunakan model pembelajaran dan lebih dominan masih menggunakan pembelajaran langsung yang hanya terpusat pada guru, (2) Kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif eksperimen. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Terpilih kelas VIII-2 sebagai kelas eksperimen dan VIII-1 sebagai kelas Kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata pretest kelas eksperimen adalah 16,1667, simpangan baku adalah 2,1267 dan variansnya adalah 7,532. Sedangkan rata-rata pretest kelas kontrol adalah 11,433, simpangan baku adalah 2,112 dan variansnya adalah 4,461. Dari nilai pretest diketahui bahwa siswa kelas kontrol maupun siswa kelas eksperimen berada pada kemampuan penalaran matematis yang rendah. Selanjutnya diperoleh nilai rata-rata posttest siswa kelas eksperiment adalah 17, 33, simpangan baku sebesar 2,8927 dan varians adalah 8,367 sedangkan yang menggunakan model pembelajaran langsung memiliki rata-rata posttest kemampuan penalaran matematis siswa adalah 13,4, simpangan baku sebesar 1,773 dan varians adalah 3,145. Kemampuan penalaran matematis siswa berkembang dikelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI). Berdasarkan hasil pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian uji hipotesis diperoleh harga t hitung = 6,6921 pada taraf pada taraf signifikansi α = 0,05 dan n = 30 dengan hargattabel = 1,699. Hasil menunjukkan bahwa diperoleh thitung = 6,69211 > ttabel = 1,699. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis H0 ditolak dan hipotesis Ha diterima yang menyatakan terdapat pengaruh model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII SMP Al Washliyah 27 Medan Tahun Pembelajaran 2019-2020
IMPROVING STUDENTS’ ACHIEVEMENT IN WRITING DESCRIPTIVE BY USING ENVIRONMENTAL MEDIA Yunita Mutiara Harahap; Ningrum Wijati Harahap; Linda Anisa
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.88

Abstract

This study attempted to improve students’ descriptive text writing through environtmental media. It was conducted by using classroom action research. The subject of the research was the eighth grade students of SMP Al Washliyah 4 Medan consisting of 18 students. The research was conducted in two cycles and each cycle consisted of three meetings. The instruments for collecting data were essay test, observation sheet, diary notes, and questionnaire sheet. Based on the descriptive text test results, students’ score kept improving in every test. In the orientation test, there were 8 students getting ≥75 and the mean was 66. In the first cycle, there were 9 students obtaining ≥75, and the mean was 71. In the second cycle, there were 15 students gaining ≥75 and the mean was 83. Based on the diary notes and questionnaire sheet, it was shown that the expression and excitement of the students in studying descriptive text writing also improved. Based on the diary notes and observation, it was found that the teaching learning process ran well, the students were active and interested in studying descriptive text writing. Thus, the results of research showed that the environtmental media improved students’ descriptive text writing.
STUDENTS’ LISTENING STRATEGIES TO COPE WITH THE PROBLEMS IN LISTENING CLASS Sofia Idawati Lubis; Dinda Suri; Isnania Ardhana
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 7 No 2 (2021): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47662/pedagogi.v7i2.89

Abstract

This study aims to reveal the strategies employed by the students in listening class. Listening is one skill that highly complicated, started from receiving, understanding, remembering, evaluating, and responding to what they hear. It becomes a problem to the students especially in an EFL classroom. Sometimes the students are discouraged to this situation. To overcome the problems, one of the solutions is employing the strategies of listening. The research subject were the students of first semester who take Listening for General Communication subject. Data were collected by questionnaire It consisted of 24 questions for metacognitive strategy, cognitive strategy, and socio-affective strategy. It adapted from Listening Comprehension Strategy Inventory (LCSI). The results showed that metacognitive strategy (50,4%) was the most strategy frequently employed by the students. The second strategy was cognitive strategies (33,0%), and the last was socio-affective strategies (16,6%).
PENGARUH HUBUNGAN DAN EVALUASI BELAJAR TERHADAP PENCAPAIAN AKADEMIK SISWA Epi Supriani Siregar
Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol 4 No 1 (2018): PEDAGOGI
Publisher : FKIP Universitas Al Washliyah Medan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini membahas tentang pengaruh mediasi kesadaran belajar siswa terhadap kemampuan kognitif dalam meningkatkan prestasi akademik. Artikel ini membahas tentang peran variabel hubungan guru-siswa dan evaluasi pembelajaran dalam mendorong munculnya kesadaran belajar siswa di tingkat sekolah dasar. Data yang digunakan adalah data primer, dikumpulkan dari 135 guru kelas 5 dan 6 di 17 sekolah dasar di wilayah Polonia Medan Kota Medan, Indonesia. Analisis data Structural Equation Modeling (SEM) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif hubungan dan evaluasi pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa melalui kesadaran belajar dan kemampuan kognitif dengan korelasi yang signifikan (p < 0,05). Temuan artikel ini menunjukkan bahwa kesadaran belajar siswa merupakan mediasi yang mempengaruhi peningkatan kemampuan kognitif dan prestasi belajar siswa di dalam kelas.

Page 1 of 15 | Total Record : 149