PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 8 No 1 (2022): PEDAGOGI

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN MEMUAT NILAI-NILAI KARAKTER PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Ismay Linda (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Sukmawarti Sukmawarti (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan)



Article Info

Publish Date
20 Dec 2021

Abstract

Instrumen adalah alat ukur yang digunakan untuk menilai sesuatu dalam pengumpulan data guna memperoleh informasi yang diinginkan. Instrumen penilaian harus memenuhi aspek penilaian yang sesuai dengan kurikulum 2013 yaitu aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Dalam penelitian ini instrumen diintegrasikan dengan nilai-nilai karakter guna membantu penanaman karakter pada peserta didik agar menjadi manusia berakhlak mulia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk instrumen penilaian keterampilan memuat nilai-nilai karakter pada mata pelajaran matematika. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan oleh Thiagarajan yaitu model 4-D (four-D). Namun pada penelitian ini hanya pada tiga tahapan yaitu tahap pendefenisian (Define), tahap perancangan (Design), tahap pengembangan (Develop). Selain dari tahapan tersebut dilakukan juga penilaian produk oleh ahli dengan lembar validasi dan telah terbukti bahwa produk mendapat penilaian baik dan layak untuk digunakan.L

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...