PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 8 No 1 (2022): PEDAGOGI

PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENJUMLAHAN KELAS II SD

Masdar Masdar (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Nila Lestari (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, Medan)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D ( Research And Development) dengan modifikasi model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Dessemination) yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan, dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh 17 kategori penilaian ‘‘Ya’’ dari 19 pernyataan dan 2 kategori penilaian ‘‘Tidak’’ validasi oleh ahli media memberikan 14 kategori penilaian ‘‘Ya’’ dan 1 kategori penilaian ‘‘Tidak’’. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan layak digunakan.   Kata Kunci: Pengembangan, LKPD, Berbasis Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D ( Research And Development) dengan modifikasi model pengembangan 4D (Define, Design, Development dan Dessemination) yang bertujuan untuk mengembangkan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan, dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Dari hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan layak untuk digunakan berdasarkan validasi oleh ahli materi memperoleh 17 kategori penilaian ‘‘Ya’’ dari 19 pernyataan dan 2 kategori penilaian ‘‘Tidak’’ validasi oleh ahli media memberikan 14 kategori penilaian ‘‘Ya’’ dan 1 kategori penilaian ‘‘Tidak’’. Berdasarkan data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis problem based learning pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan layak digunakan.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...