PEDAGOGI: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Vol 8 No 1 (2022): PEDAGOGI

ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Jenni Sriana (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah Medan)
Sujarwo Sujarwo (Universitas Muslim Nusantara Al Wasahliyah, Medan)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode Library Research yang berlokasi diperpustakaan atau ruang baca secara offline maupun online. Sumber data penelitian ini yaitu 10 jurnal atau artikel karya ilmiah yang berhubungan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu telaah dokumen atau biasa disebut dengan dokumentasi. Dokumentasi dilakukan dengan mengumpulkan data-data tentang model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan mendeskripsikan data penelitian yang ada. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh dari hasil penelitian, menyatakan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berperan dalam meningkatkan hasil belajar siswa dan layak digunakan dalam pembelajaran.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

pedagogi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Pedagogi: Jurnal Pendidikan adalah jurnal peer-review untuk membahas dan menyebarkan analisis orisinal dan kritis tentang berbagai masalah pendidikan kontemporer. Jurnal ini menerbitkan artikel yang menarik bagi praktisi pendidikan, guru, pembuat kebijakan pendidikan, dan peneliti. Jurnal ini ...