Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 1 No. 2 (2021): Juni-September

Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Bani Umayyah dengan Metode Role playing pada Siswa Kelas VII di SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan

Mahisarani Mahisarani (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Haidar Putra Daulay (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)
Zaini Dahlan (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2023

Abstract

Penelitian sederhana ini penulis lakukan dengan satu tujuan yakni ingin menganalisa cara meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan sebuah metode yang populer diberi nama role playing yang ditargetkan untuk siswa kelas VII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan pada semester genap T.P. 2020/2021 dilakukan dengan beberapa tahapan. Metode role playing ini setidaknya menggunakan 2 (dua) siklus kepada 29 anak. Pemerolehan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode role playing pada mata pelajaran PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan pada masa dinasti Umayyah dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Islam Al-Ulum Terpadu Medan tahun ajaran 2020/2021. Hal ini terlihat dari peningkatan hasil presentasi setiap siklusnya. Pada kegiatan pra-siklus, hasil persentase ketuntasannya yaitu 20,68. Hasil persentase ketuntasan tersebut meningkat pada siklus I, yaitu 75,86%. Kemudian pada siklus II, mencapai hasil persentase 93,13%. Pada siklus II ini dihentikan karena 100% siswa telah mengalami ketuntasan. Dengan demikian, penerapan metode tersebut dikategorikan berhasil dalam membantu peningkatan hasil belajar siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...