Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 1 No. 3 (2021)

Pengembangan Media Puzzle Berbasis Audio Visual dengan Penguatan Karakter Toleransi pada Subtema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku” di Kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar

Eko Anis Setyorini (Universitas Negeri Malang)
Lilik Bintartik (Universitas Negeri Malang)
Sumanto Sumanto (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
20 Jul 2021

Abstract

Abstract: This research and development is to produce a puzzle media based on audio-visual material on the sub-theme "Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku" in class IV SDN Kauman 1 Blitar City that is valid, practical, and interesting. This study uses a research and development model or research and development. The results of audio visual based puzzle media validation obtained a value of 93.3 percent, a very valid category by material experts, media experts and users. For practicality and attractiveness audio visual based media is obtained based on the results of student responses during product trials and field trials. The attractiveness of the media scored 97.3 percent in the very interesting category. Practicality of the media scored 84.4 percent in the category of very practical. So it can be concluded that the audio visual media based puzzle is very worthy used in the learning process in the sub-theme "Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku". Abstrak: Penelitian dan pengembangan ini yaitu menghasilkan media puzzle berbasis audio visual materi pada subtema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku” di kelas IV SDN Kauman 1 Kota Blitar yang valid, praktis, dan menarik. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan atau research and development. Hasil validasi media puzzle berbasis audio visual memperoleh nilai 93,3 persen kategori sangat valid oleh ahli materi, ahli media dan pengguna. Untuk kepraktisan dan kemenarikan media puzzle berbasis audio visual diperoleh berdasarkan hasil dari respon siswa pada saat uji coba produk dan uji coba lapangan. Kemenarikan media memperoleh nilai 97,3 persen kategori sangat menarik. Kepraktisan media memperoleh nilai 84,4 persen kategori sangat praktis. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media puzzle berbasis audio visual sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran pada subtema “Indahnya Persatuan dan Kesatuan Negeriku”.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...