Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan
Vol. 1 No. 6 (2021)

Pengembangan Media Game Edukasi “Kirun Mission” Materi Keragaman Budaya Indonesia dengan Penguatan Karakter Jujur untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Elcinta Fridaynia Yunna Nabela (Universitas Negeri Malang)
Sri Murdiyah (Universitas Negeri Malang)
Putri Mahanani (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2021

Abstract

Pemanfaatan sumber belajar saat proses pembelajaran dapat dioptimalkan dengan menggunakan media. Namun, pada kenyataan masih terdapat kendala dalam penyampaian materi muatan IPS di kelas IV SDN Sentul 3 Kota Blitar dan SDN Karangsari 2 Blitar. Permasalahan yang sama antara kedua SD tersebut yaitu (1) cakupan materi keragaman budaya yang luas dan tidak adanya media pendukung (2) Pada saat diberikan tugas banyak siswa yang mengumpulkan jawaban yang sama dengan temannya. Melihat hal tersebut perlu dikembangkan salah satu media pembelajaran interaktif serta mampu menumbuhkan karakter pada siswa. Media pembelajaran dikemas berupa game edukasi agar siswa dapat memahami materi tersebut dengan menarik dan dapat menggunakan media tersebut dimanapun.Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan sebuah media game edukasi “Kirun Mission” berbasis karakter jujur keragaman budaya Indonesia di kelas IV SD yang valid menurut ahli materi dan ahli media, praktis digunakan oleh guru serta praktis dan menarik bagi siswa kelas IV SD.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

fip

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan menerbitkan naskah terkait pendidikan mencakup pembelajaran anak usia dini, sekolah dasar, bimbingan dan konseling, teknologi pendidikan, manajemen, pendidikan luar sekolah, serta pendidikan anak berkebutuhan ...