Science Education and Learning Journal
Vol 1 No 2 (2021): SCIENCES EDUCATION AND LEARNING (SCEDULE) JOURNAL

Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Melalui Penerapan Teknik Mind Mapping pada Materi Sistem Ekskresi Siswa Kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Sengkang

Muttamirati (SMA Negeri 7 Wajo)
Andi Asmawati Azis (Universitas Negeri Makassar)
A. Mu’nisa Mu’nisa (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2021

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini (Classroom Action Research) bertujuan untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar biologi melalui penerapan teknik Mind Mapping pada materi sistem ekskresi kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Sengkang. Subjek penelitian ini adalah 36 orang siswa kelas XI IPA B yang terdiri dari 14 laki-laki dan 22 perempuan pada semester genap tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan enam kali pertemuan. Pengambilan data hasil belajar siswa dilakukan pada tiap akhir siklus. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket untuk motivasi, tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda, dan aktivitas belajar siswa melalui lembar observasi. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 82% meningkat pada siklus II menjadi 85% 2) Aktivitas siswa menunjukkan peningkatan dari siklus I ke siklus II pada setiap indikator. 3) Rata-rata nilai hasil belajar siswa meningkat dari 80,0 pada siklus I menjadi 85,0 pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa pada akhir siklus I sebesar 63,89% dan mencapai 91,67% pada siklus ke II. Kesimpulan penerapan teknik Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 2 Sengkang pada materi sistem ekskresi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

scedule

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences

Description

SCEDULE (Science Education and Learning) Journal bertujuan untuk menjembatani kesenjangan antara penelitian dan praktik, memberikan informasi, ide dan pendapat, disamping ujian kritis kemajuan dalam penelitian, pengajaran, dan pembelajaran biologi. Melalui cakupan kebijakan dan pengembangan ...