Jurnal Cakrawala Pendas
Vol. 8 No. 1 (2022)

OPTIMALISASI PENERAPAN KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Mega Prasrihamni (Universitas PGRI Palembang)
Zulela Zulela (Universitas Negeri Jakarta)
Edwita Edwita (Universitas Negeri Jakarta)



Article Info

Publish Date
22 Jan 2022

Abstract

Kegiatan literasi sekolah merupakan salah satu program gerakan yang pemerintah terapkan untuk menumbuhkan minat baca siswa. Namun pada kenyataannya minat baca siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai optimalisasi kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi literatur ilmiah. Literatur yang digunakan merupakan buku, jurnal serta prosiding ilmiah baik nasional maupun internasional. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan gemar membaca harus tetap ditingkatkan bahkan harus menjadikannya sebuah budaya demi masa depan cerah yang dimiliki setiap generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, pentingnya meningkatkan literasi di Indonesia untuk masa depan penerus bangsa dengan ilmu-ilmu yang didapat dari hasil membaca di kehidupan sehari-hari serta perlunya menanamkan kesadaran diri dalam mengembangkan minat membaca siswa sekolah dasar.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

cp

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Cakrawala Pendas (JCP) aims to provide researchers with scholarly discourses, theories, research methods, and findings. Therefore, the journal accepts manuscripts related to all aspects of Elementary Education. It is also keen to help make connections among researchers. Jurnal Cakrawala ...