Perguruan Tinggi merupakan organisasi yang bergerak pada bidang pendidikan dan memiliki amanat untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar. Namun, adanya Pandemi COVID-19 mempercepat pelaksanaan era revolusi industri 4.0, sehingga terjadi perubahan besar terhadap kebutuhan dari kemampuan peserta didik. Untuk itu, ketua dan sekretaris program studi dalam kepemimpinannya dibutuhkan kinerja yang baik. Program studi agar dapat merealisasi keberhasilannya, diperlukan penilaian terhadap kinerja dari ketua dan sekretaris program studinya. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan indikator kinerja tugas pokok dan fungsi dari ketua dan sekretaris program studi. Metode yang digunakan pendekatan kualitatif. Adapun hasil yang diperoleh dalam penentuan indikatornya dengan memasukan seluruh aktivitas dariTri Daharma Pendidikan Tinggi yang berupa pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Keberhasilan pelaksanaan dari programnya, juga melibatkan seluruh unsur sivitas akademika, alumni, dan perusahaan pengguna jasa lulusannya. Pada era digital, telah membawa perubahan yang pesat pada kehidupan manusia, sehingga ketua dan sekretaris program studi perlu mengikuti perkembangan zaman, memiliki jaringan yang kuat, dan strategi yang jitu agar seluruh tugas dan fungsi yang diberikan kepadanya dapat memenuhi kriteria guna mencapai tujuan organisasi.
Copyrights © 2021