Menyadari akan pentingnya membaca yang merupakan suatu aktivitas yang sangat bermanfaat sebaiknya setiap orang menjadikan membaca sebagai suatu hobi atau minat yang terus diasah dan dilatih sehingga menjadi suatu kebiasaan yang terus berkelanjutan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat literasi, sikap, dan kebiasaan membaca mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Citra Bangsa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan kuesioner untuk mengumpulkan data. Responden dalam penelitian ini mahasiswa semester dua kelas C dan D yang berjumlah 50 orang. Setelah semua data terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat membaca mahasiswa sudah ditanamkan sejak dini yakni dibangku Taman Kanak-Kanak sehingga mahasiswa memiliki literasi membaca yang baik. Mahasiswapun menyadari akan pentingnya membaca oleh karena itu aktivitas membaca ini sering dilakukan di kampus maupun di rumah dengan durasi waktu satu sampai dua jam. Bahan bacaannyapun beragam mulai dari media cetak hingga media elektronik. Kebiasaan membaca inipun ditunjukkan melalui sering membaca materi yang akan dibahas dalam perkuliahan nanti maupun setelah selesai perkuliahan dengan tujuan tidak mudah lupa, lebih memahami, menguatkan pemahaman terhadap materi kuliah dan membantu mengingat. Menciptakan Lingkungan akademik yang nyaman dan menyenangkan sangat baik untuk kegiatan literasi, membangun pemahaman dan pengetahuan yang kompeten melalui literasi membaca.
Copyrights © 2022