Naturalistic : Jurnal Kajian dan Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 6 No. 2 (2022): Naturalistic: Jurnal Kajian Penelitian dan Pendidikan dan Pembelajaran

Efektivitas Model Pembelajaran Tematik Tipe Webbed Berbantuan Media Teknologi Terhadap Hasil Belajar Murid Sekolah Dasar Gugus 29 Campagaloe Kabupaten Bantaeng

Firmansah Koesyono Efendi (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Rosleny B (Universitas Muhammadiyah Makassar)
Agustan S (Universitas Muhammadiyah Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kualitas pembelajaran IPS siswa kelas V SD Inpres Campagaloe 1 dengan menerapkan model pembelajaran terpadu tipe webbed berbantuan media teknologi. Metode penelitian menggunakan, tes tertulis (essay), observasi, dokumentasi. Subyek penelitian berada di sekolah gugus 29 campagaloe siswa kelas V, sebagai sampel Sekolah Dasar Inpres Campagaloe 1 dan Sekolah Dasar 29 Campagaloe dengan jumlah 60 siswa. Hasil penelitian menunjukkan Model pembelajaran terpadu efektif dan dapat meningkatkan kualitas siswa berdasarkan numerik tabel dengan signifikan 5% = 2,000 <thitungsebesar = 6, 629 untuk thitung peningkatan kualitas pembelajaran siswa. Tabulasi frekuensi kategori pembelajaran Posttest pada kelas kontrol tanpa berbantuan media teknologi tidak terdapat sejumlah siswa memperoleh nilai 90 pada model pembelajaran terpadu tipe webbed hanya berada pada nilai tertinggi 80, ketimbang kelas eksperimen pada pembelajaran model terpadu tipe webbed berbantuan media teknologiterdapat sejumlah siswa memperoleh nilai 90.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

naturalistic

Publisher

Subject

Education

Description

Lingkup artikel yang diterima adalah: 1. Metodologi Pembelajaran (Pendekatan, Media, Metode, Model, Strategi) 2. Pedagogik 3. Filsafat Pendidikan 4. Psikologi Pendidikan 5. Kurikulum 6. Pendidikan Agama 7. Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pembelajaran, IPA, IPS, PKn, B. Indonesia, Matematika, B. ...