Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh
Vol. 2 No. 1 (2022): Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh

PENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 TEUPAH BARAT

Mulianti, Deni (Unknown)
Nuraina, Nuraina (Unknown)
Wulandari, Wulandari (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 May 2022

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan kemampuan representasi matematis siswa SMP melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada materi lingkaran kelas VIII SMP Negeri 2 Teupah Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Teupah Barat. Sampel yang digunakan yaitu kelas VIII-a sebagai kelas eksperimen sebanyak 16 siswa dan kelas VIII-b sebagai kelas kontrol sebanyak 16 siswa yang dipilih dengan total sampling. Siswa kelas eksperimen diajarkan menggunakan model pembelajaran auditory intellectually repetition (AIR), sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan pendekatan saintifik. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest-postest dan data tersebut dianalisis menggunakan uji non parametrik (Mann Whitney U-test) karena tidak berdistribusi normal dan memperoleh hasil 0,000. Sesuai dengan kriteria pengujiannya, nilai pada kolom sig < 0,05 maka H0 di tolak. Dari hasil signifikan dari statistik (Mann Whitney U-test) nilai asymp sig, (2-tailed) adalah 0,00 kurang dari 0,05. Maka H0 ditolak Ha diterima. Adapun peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) lebih baik daripada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pendekatan pembelajaran saintifik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpmm

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Malikussaleh focuses on the publication of the result of scientific research to the field of mathematics education. The aim of this journal is to publish high quality research in mathematics education including teaching and learning, instruction, curriculum development, ...