Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta
Vol. 1 No. 1 (2018): Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta. Volume 1, Nomor 1, Tahun 2018

Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Trigonometri Melalui Pendekatan Konstruktivisme dengan Berbantukan Macromedia Flash 8 Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Bengkulu

Muchlis, Effie Efrida (Unknown)
Maizora, Syafdi (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Meningkatkan aktifitas mahasiswa Program studi pendidikan matematika dalam pembelajaran trigonometri dengan pendekatan konstruktivisme yang berbantukan macromedia flash 8. 2) Meningkatkan kemampuan pemahaman konsep mahasiswa dalam pembelajaran trigonometri dengan pendekatan konstruktivisme yang berbantukan macromedia flash 8. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah mahasiswa Progaram Studi Pendidikan Matematika yang mengambil mata kuliah trigonometri pada tahun akademik 2014/2015. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pemahaman konsep, lembar observasi aktivitas mahasiswa dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan 1) untuk meningkatkan aktifitas mahasiswa dalam pembelajaran trigonometri dengan pendekatan konstruktivisme yang berbantukan macromedia flash 8, dilakukan dengna cara : a) Mahasiswa dibagi ke dalam beberapa kelompok yang heterogen. b) Meminta mahasiswa mengemukakan gagasan terhadap materi yang akan dipelajari. c) Memberi kesempatan kepada mahasiswa untuk melakukan diskusi kelas. d) Meminta mahasiswa menyiapkan diri untuk mempelajari materi yang akan dibahas pada pertemuan berikutnya di rumah. 2) Penerapan pendekatan konstruktivisme dengan bantuan macromedia flash 8 dapat meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa, yaitu dari nilai rata-rata 68,05 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 53,13% pada siklus 1 dan pada siklus 2 nilai rata-rata 71,69 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 76,36% serta pada siklus 3 nilai rata-rata 82,45 dengan ketuntasan belajar secara klasikal 89,09%.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jrpmj

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Riset Pendidikan Matematika Jakarta (JRPMJ) E-ISSN:2621-4768, DOI Prefix is a peer-reviewed open-access international journal that aims to the sharing, dissemination, and discussion of current trends research results, experience, and perspectives across a wide range of mathematics education, ...