Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi terhadap pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di SMK Negeri 1 Sumenep. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas XII Akuntansi 2 SMK Negeri 1 Sumenep yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I terdapat 12 siswa (34,3%) dari 35 siswa masih belum mampu mencapai KKM, dan sebanyak 23 (65,7%) siswa kelas XII Akuntansi 2 telah mencapai KKM. Pada siklus II, hasil tes formatif siswa yang kompeten sejumlah 33 (94,3%) dan 2 siswa (5,7%) belum kompeten. Apabila dibandingkan, minat dan perhatian pada pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran STAD dari siklus I ke siklus II mengalami kenaikan sebesar 60%. Siswa memberikan respon positif terhadap pelaksanaan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD).
Copyrights © 2022