Al-Alam : Islamic Natural Science Education Journal
Vol 1, No 2 (2022): (Edisi Juli) Model dan Media Pembelajaran Sains

Peningkatan Hasil Belajar IPA Siswa MTs Al-Anshor Ambon melalui Penggunaan Media Pembelajaran Digital Interaktif berbasis Audio Visual

Siti Husna Ahmad (Prodi Tadris IPA IAIN Ambon)
Adam Latuconsina (IAIN Ambon)
Nurwafiah Marda (IAIN Ambon)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa dan guru dalam pembelajaran dengan menggunakan media digital interaktif berbasis audio visual. 2) mendeskripsikan hasil belajar siswa terhadap penerapan media pembelajaran digital interaktif berbasis audio visual. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini berlangsung selama 1 bulan di kelas VIII MTs Al-Anshor Ambon dengan jumlah siswa 15 anak. Analisis data dengan menggunakan uji presentase kemudian disesuaikan dengan penilaian acuan patokan (PAP). Hasil penelitian menunjukan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan media digital interaktif berbasis audio visual sangat berpengaruh pada hasil belajar siswa hal ini dapat dibuktikan pada peningkatan hasil belajar siswa yang di peroleh dari siklus 1 yang menunjukan 6 siswa (40%) memperoleh nilai baik sekali, dan 9 siswa (60%) memperoleh nilai baik.Kata kunci:Media Pembelajaran Digital Interaktif, Audio Visual, Hasil Belajar

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JTI

Publisher

Subject

Education

Description

Aim Al-Alam: Islamic Natural Science Education Journal (INSEJ) publishes papers from empirical studies (experiment papers) and literature review papers. This journal has accepted and published papers for integrated science studies of both islamic and common values. Scope Al-Alam: Islamic Natural ...