Supervisi merupakan suatu aktivitas pembinaan yang di rencanakan untuk memberi pelayananagar guru lebih professional dalam menjalankan tugasnya, dengan cara mengumpulkan data, kemudian data-data itu digunakan sebagai bahan pengolahan untuk menemukan masalahmasalah,kesulitan-kesulitan yang dapat di pakai sebagai dasar, untuk perbaikan sertapeningkatan kinerja dan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanapelaksanaan supervisi akademik di sekolah dasar di kabupaten aceh besar. Teknik pengumpulandata dilakukan dengan wawancara, observasi dan dikumentasi. Prosedur penelitian denganmengunakan reduksi data, desplay data dan verifikasi. Subjek penelitian kepala sekolah, guru danpengawas sekolah. Hasil penelitian pelaksanaan supervisi akademik belum optimal disebabkankarena ada sebagian sekolah melaksanakan supervisi akademik hanya sebatas pemeriksaansebagai kelengkapan administrasi saja, tidakk adanya pembinaan yang kontinu. Teknik yang digunakan bersifat individual dan berkelompok, pelaksanaan supervisi oleh pengawas waktunyasangat singkat karena keterbatasan waktu, satu orang pengawas melakukan pembinaan sampai 10sekolah, sehingga pelaknaan supervisi belum optimal.
Copyrights © 2017