Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar (JIPDAS)
Vol 2 No 2 (2022): Vol. 2 . No. 2 Edisi Mei 2022

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG KELAS V SD MUHAMMADIYAH 1 PADANGSIDIMPUAN

Ega Sandra Tanjung (ipts)
Monica Theresia (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)
Nurbaiti (Institut Pendidikan Tapanuli Selatan)



Article Info

Publish Date
30 May 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang di SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi berjumlah 57 siswa. Teknik pengambilan sampel adalah teknik cluster random sampling , sehingga didapat sampel penelitian berjumlah 28 siswa. Agar hipotesis yang diajukan diterima dan ditolak, maka dilakukan uji korelasi product moment diperoleh rxy = 0,34 jika dikonsultasikan dengan tabel angka kasar, hubungan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar rendah. Kemudian dilakukan uji “t-test”, diperoleh nilai uji t-hitung sebesar 1,96 dengan df = 28 dan taraf signifikansi 0,05 dibandingkan dengan nilai t-tabel 2,06 yaitu (1,96 < 2,06), artinya tidak ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika materi bangun ruang di SD Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan dan bukan hanya itu, dilihat dari nilai mean pretest dan posttest dimana nilai posttest meningkat lebih tinggi dari nilai mean pretest yaitu (45,71 < 87,32).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPDAS

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal JIPDAS (Jurnal Imiah Pendidikan Dasar) merupakan sarana publikasi untuk para Akademisi seperti Guru, Mahasiswa dan Dosen. jurnal ini bertujuan untuk menjadi wadah publikasi penelitian dibidang pendidikan dasar, jurnal JIPDAS dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas ...