Mimbar Ilmu
Vol. 26 No. 3 (2021): Desember

Kesiapan E-Modul Manajemen Olahraga Berbasis Komputer dalam Konteks Pandemi Covid-19

Ali Mardius (Universitas Bung Hatta)
Katsran Zallaf (Universitas Bung Hatta)
Meuthia Rezika Siswara (Universitas Bung Hatta)
Ashabul Kahairi (Universitas Bung Hatta)
Jefri Riswar (Universitas Bung Hatta)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2021

Abstract

Masih banyak di antara mahasiswa yang memiliki nilai rata-rata di bawah standar yang diberikan. Sehingga berdampak pada nilai yang didapatkan dengan rata-rata nilai C. Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh memberikan dampak negatif seperti bermain game, social media dan lebih banyak menonton youtube serta kegiatan yang lain yang menunjukkan adanya kecanduan game. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan kesiapan e-modul manajemen olahraga berbasis komputer dalam konteks pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model IDI. Namun, tahap implementasi dan tahap evaluasi pada penelitian ini tidak dapat dilaksanakan karena pandemi COVID-19, keterbatasan waktu, sumber daya dan biaya. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dengan melakukan analisis pada e-modul manajemen olahraga. Data hasil validasi dari para ahli kemudian dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai t hitung > dari t tabel (128,0 > 2,57) dengan kesimpulan H1 yang E-modul Manajemen Olahraga besar dari nilai 80 dapat diterima. Maka, nilai rata-rata nilai capaian dengan mengunakan E-modul Manajemen Olahraga adalah 85.33, yang dibulatkan menjadi 85 berada pada interval 81-100 dengan interpretasi sangat efektif. Pada tahap pratikalitas atau uji coba mahasiswa dikatergorikan E-modul sangat praktis dan efektif.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...