Mimbar Ilmu
Vol. 27 No. 2 (2022): Agustus

Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT dalam Setting lesson study dan Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Mahasiswa

Ida Bagus Gede Surya Abadi (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
I Komang Ngurah Wiyasa (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)
DB. Kt. Ngr. Semara Putra (Universitas Pendidikan Ganesha, Singaraja, Indonesia)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2022

Abstract

Masalah pembelajaran Pendidikan Jasmani khususnya atletik pada nomor lompat jauh gaya jongkok belum memahami secara konseptual, maka mahasiswa tersebut perlu mendapatkan proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada nomor lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran kooperatif tipe NHT dalam setting lesson study dan pengaruhnya terhadap hasil belajar pendidikan jasmani mahasiswa. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan jenis penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester IV. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Metode pengumpulan data menggunakan metode tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan uji menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar pendidikan jasmani pada mahasiswa yang dibelajarkan dengan model NHT dalam setting lesson study dan mahasiswa yang dibelajarkan secara konvensional. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan belajar pendidikan jasmani pada mahasiswa.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

MI

Publisher

Subject

Education

Description

Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational ...