Journal of Social And Economics Research
Vol 2 No 1 (2020): JSER, June 2020

HUBUNGAN FAKTOR FISIK, PSIKOLOGIS DENGAN KUALITAS HIDUP LANSIA DI AIR CAMAR PUSKESMAS ANDALAS PADANG TAHUN 2019

Wuri Komalasari (Unknown)
Aida Yulia (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2020

Abstract

Lansia merupakan suatu tahapan akhir dalam suatu kehidupan yang mengalami perubahan-perubahan akibat dari proses penuaan yang akan terjadi. Lansia perlu mendapatkan perhatian untuk pemeliharaan dan perawatan yang mempunyai peran penting untuk menyelesaikan masalahmasalah mereka yang akan berdampak pada peningkatan kualitas hidup lansia. Kualitas hidup yang optimal pada lansia merupakan tujuan utama pelayanan kesehatan yang diberikan kepada lansia. Kualitas hidup lansia dipengaruhi oleh factor fisik dan psikologis. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan factor fisik dan psikologis terhadap kualitas hidup lansia dan jenis penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan cross sectional study. Jumlah populasinya adalah 619 dengan sampel sebanyak 86 lansia yang tinggal bersama keluarga di komunitas. Variabel independen dalam penelitian ini adalah faktor fisik, psikologis dengan variabel dependennya adalah kualitas hidup. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner selanjutnya data dilakukan pengolahan dengan cara univariat dan bivariat yang disajikan dengan table distribusi frekuensi. Teknik pengambilan sampel adalah random sampling. Hasil yang didapatkan antara lain adanya hubungan antara factor fisik dengan kualitas hidup dengan (p=0,004 < 0,005) dan tidak adanya hubungan antara factor psikologis dengan kualitas hidup (p=0,305 > 0,005). Diharapkan hasil penelitian ini menjadi dasar penetapan program-program pemberdayaan lansia sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup lansia.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JSER

Publisher

Subject

Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences

Description

Journal of Social and Economics Research (JSER) is a peer-reviewed journal that focuses on critical studies of social and economic research. Investigated the dynamics of teaching and learning of social education, and social and economic problems in society at the primary, senior, and high education ...