Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 20 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR DITINJAU DARI SELF-ESTEEM

Fina Zumrotul Mupidah (Unknown)
Yayan Eryk Setiawan (Unknown)
Syaifuddin Syaifuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Sep 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dalam menyelesaikan masalah bangun ruang sisi datar ditinjau dari self-esteem. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A MTs Negeri 2 Probolinggo. Prosedur pengumpulan data yakni menggunakan angket self-esteem, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 3 subjek yang dipilih, siswa dengan self-esteem tinggi memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang sangat baik dengan tercapainya semua indikator. Sedangkan siswa dengan self-esteem sedang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang cukup baik dengan tercapainya tiga dari empat indikator. Kemudian siswa dengan self-esteem rendah memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis yang kurang baik dengan tercapainya satu dari empat indikator. Kata kunci: Pemecahan masalah matematis, self-esteem, bangun ruang sisi datar, kubus, balok.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...