Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan cara-cara pemahaman konsep matematis dan 2) untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep matematis  peserta didk berdasarkan teori APOS ditinjau dari tipe kepribadian pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) kelas VIII C MTs Almaarif Sukorejo. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan 20 peserta didik kelas VIII C MTs Almaarif Sukorejo sebagai sumber data dan 4 peserta didik sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket untuk mengetahui tipe kepribadian dan tes uraian pemahaman konsep untuk mengetahui pemahaman konsep matematis serta wawancara berdasarkan teori APOS sebagai tindak lanjut. Menurut Florence Littauer untuk mengetahui tipe kepribadian berdasarkan empat klasifikasi yaitu sanguinis, koleris melankolis dan phlegmatis yaitu peserta didik mengisi angket yang terdari 40 soal dengan empat pilihan jawaban. Dengan empat pilihan jawaban yang sesuai dengan ciri-ciri tipe kepribadian. Berdasarkan pengklasifikasian tipe kepribadian tersebut dipilih salah satu peserta didik yang memiliki kategori tipe kepribadian Florence Littauer. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) cara-cara pemahaman konsep matematis berdasrkan teori APOS ditinjau dari tipe kepribadian Florence Littauer, 2) tingkat pemahaman konsep matematis berdasarkan teori APOS peserta didik kategori tinggi mencapai tahap skema dengan nilai rata-rata 86,2. Pemahaman konsep peserta didik berdasarkan teori APOS kategori sedang  mencapai tahap aksi dengan nilai rata-rata 62,5. Pemahaman konsep peserta didik berdasarkan teori APOS kategori rendah mencapai tahap aksi dengan nilai rata-rata 25.. Kata kunci: pemahaman konsep matematis, Teori APOS, dan Tipe kepribadian
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021