Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Ingin mengetahui perbedaan model pembelajaran flipped classroom terhadap motivasi belajar peserta didik pada materi bangun datar segi empat kelas VII; dan (2) Ingin mengetahui perbedaan model pembelajaran flipped classroom terhadap tingkat pemahaman peserta didik pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan rancangan true eksperimental design dan desain penelitian yang digunakan adalah pretest-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII SMP Nasional Malang. Pemilihan sampel penelitian menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas VII-D sebagai kelas uji coba angket berjumlah 20 peserta didik, kelas VII-B sebagai kelas eksperimen  dengan memberikan angket pretes-postest dan soal pretes-postest berjumlah 24 peserta didik dan kelas VII-C sebagai kelas kontrol dengan memberikan angket pretes-postest dan soal pretes-postest berjumlah 24 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar dan soal tes tingkat pemahaman peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada perbedaan yang signifikan (p-value = 0,000) motivasi belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran  flipped classroom (33,78 0,86) dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional (30,56 3,20) pada materi bangun datar segi empat kelas VII; (2) Ada perbedaan yang signifikan (p-value = 0,003) tingkat pemahaman peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran  flipped classroom (71,50 5,77) dengan yang diajarkan menggunakan model pembelajaran konvensional (61,42  14,55) pada materi bangun datar segi empat kelas VII. Kata kunci: motivasi belajar, tingkat pemahaman peserta didik, flipped classroom, bangun datar segi empat 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022