Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 17, No 14 (2022): Jurnal Penelitian,Pendidikan, dan Pembelajaran

PENGEMBANGAN E-MODULE MATEMATIKA BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN APLIKASI EXELEARNING PADA MATERI BARISAN UNTUK MEMBUDAYAKAN KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI

Veronika Dwi Cahyani (Universitas Islam Malang)
Sunismi Sunismi (Universitas Islam Malang)
Fadhila Kartika Sari (Universitas Islam Malang)



Article Info

Publish Date
26 Jul 2022

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning pada materi barisan untuk membudayakan kemandirian belajar peserta didik kelas XI. Pengembangan e-module matematika ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang meliputi 5 tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli desain pembelajaran, ahli media, serta 4 ahli praktisi dan 20 pengguna/user dari 2 sekolah yaitu SMA Negeri 2 Trenggalek dan MAN 1 Trenggalek. Tujuannya untuk mengetahui kevalidan produk dan kepraktisan produk yang dihasilkan. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Menurut penilaian ahli materi, ahli desain pembelajaran dan ahli media diperoleh rata-rata berturut-turut adalah 3,49; 3,8; dan 3,47 dengan rata-rata seluruhnya yaitu 3,58. Sementara itu untuk hasil 4 ahli praktisi diperoleh rata-rata keseluruhan 3,95. Sedangkan uji coba pengguna/user yang melibatkan 20 peserta didik kelas XI, diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 3,8. Sehingga dapat disimpulkan bahwa e-module matematika berbasis website menggunakan aplikasi exelearning pada materi barisan untuk membudayakan kemandirian belajar peserta didik kelas XI dinyatakan valid/layak dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: Pengembangan, e-module matematika, website, aplikasi exelearning, barisan

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...