Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran
Vol 16, No 9 (2021): Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran

ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR AUDITORIAL DAN KINESTETIK DALAM PEMBELAJARAN DARING MATERI TURUNAN KELAS XI BAHASA SMAN 8 MALANG

Fany Prihatini Widyanti (Universitas Islam Malang, FKIP)
Zainal Abidin (Unknown)
Sikky El Walida (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2021

Abstract

Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan cara-cara peserta didik dalam menyelesaikan soal kemampuan komunikasi matematika dan 2) mendeskripsikan tingkat kemampuan komunikasi matematika ditinjau dari gaya belajar auditorial dan kinestetik dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19 pada materi turunan kelas XI Bahasa SMAN 8 Malang. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan 23 siswa kelas XI Bahasa SMAN 8 Malang sebagai sumber data dan 4 siswa sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematika siswa dan angket untuk mengelompokkan siswa berdasarkan gaya belajarnya serta wawancara sebagai tindak lanjut. Pengelompokkan peserta didik tersebut dibagi menjadi dua yaitu gaya belajar auditorial (Auditori Learner) dan Gaya Belajar Kinestetik (Tactual Learner ). Auditori Learner adalah gaya belajar peserta didik yang mengutamakan indra pendengarannya dalam memahami materi pembelajaran, sedangkan Tactual Learner adalah gaya belajar dimana peserta didik mampu memahami materi apabila peserta didik tersebut mengalami secara langsung atau praktek. Berdasarkan pengklasifikasian gaya belajar tersebut dipilih satu perwakilan peserta didik yang memiliki pola jawaban khas/unik. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) cara-cara peserta didik menyelesaikan soal tes kemampuan komunikasi matematika berdasarkan gara belajar auditorial dan kinestetik, 2) tingkat kemampuan komunikasi matematika peserta didik dengan gaya belajar auditorial rendah dengan nilai rata-rata 68,75, dan tingkat kemampuan komunikasi matematika siswa dengan gaya belajar kinestetik sedang dengan nilai rata-rata 75,25. Dengan pengklasifikasian kategori rendah dan sedang sesuai dengan nilai KKM pada sekolah tersebut.Kata Kunci: kemampuan komunikasi matematika, gaya belajar, pembelajaran daring

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jp3

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

JP3 adalah Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran yang terbit dua kali setahun pada bulan Pebruari dan September, berisi artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang pendidikan dan pembelajaran. Tulisan yang akan dimuat adalah artikel ilmiah hasil penelitian atau artikel ilmiah non ...