Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Kemampuan Generalisasi Siswa SMK dalam Menyelesaikan Masalah Barisan dan Deret berdasarkan Brain Dominance

Putri Nur Azizah (Universitas PGRI Madiun)
Swasti Maharani (Universitas PGRI Madiun)
Edy Suprapto (Universitas PGRI Madiun)



Article Info

Publish Date
02 Aug 2022

Abstract

Kemampuan generalisasi adalah kemampuan dalam menyusun serangkaian langkah strategis dengan memperhatikan keteraturan pola dan menemukan bentuk umum dari masalah. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan generalisasi siswa SMK dalam menyelesaikan masalah barisan dan deret berdasarkan brain dominance. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif, dengan teknik analisis model alir Milles & Huberman, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, paparan penyajian data, verifikasi dan pengambilan kesimpulan. Penelitian ini mengambil 4 siswa kelas X SMKN 1 Geger sebagai subjek penelitian, yaitu 2 siswa yang right dominance, dan 2 siswa yang left dominance. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan generalisasi siswa dengan left brain dominance yaitu: (a) mampu menjelaskan permasalahan/situasi dengan dapat menyatakan diketahui dan ditanyakan; (b) mampu menyajikan permasalahan ke dalam bentuk/model/simbol matematika; (c) Mampu dalam menjelaskan langkah-langkah yang akan digunakan dalam pemecahan masalah; (d) Dapat melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan dan meliterasikan kesimpulan dari jawabannya. Ada pun kemampuan generalisasi siswa dengan right brain dominance yaitu: (a) Tidak menjelaskan permasalahan/situasi dengan dapat menyatakan diketahui dan ditanyakan; (b) mampu menyajikan permasalahan ke dalam bentuk/model/simbol matematika; (c) Menggunakan caranya sendiri dalam menjelaskan langkah-langkah yang akan digunakan dalam pemecahan masalah; (d) Dapat melaksanakan langkah-langkah yang telah direncanakan dan tidak meliterasikan kesimpulan dari jawabannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...