Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 4 No. 4 (2022): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Analisis Motivasi Belajar Pasca Pandemic Covid-19 pada Siswa Kelas IV SDI Wachid Hasyim Surabaya

Auladia Nadifa (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
M. Thamrin Hidayat (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Syamsul Ghufron (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)
Pance Mariati (Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19. Di samping itu juga ingin mengetahui dampak pembelajaran daring terhadap motivasi belajar siswa pada masa pandemi Covid-19, serta upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SDI Wachid Hasyim Surabaya. Sumber data primer dari penelitian ini adalah siswa kelas 4B SDI Wachid Hasyim, guru kelas 4B dan wali murid. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner. Hasil penelitian Analisis Motivasi Belajar Pasca Pandemi Covid-19 Pada Siswa Kelas 4 SDI Wachid HasimSurabaya dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar siswa pasca pandemic Covid-19 baik karena sesuai dengan ciri ciri motivasibelajar yang dikemukakan oleh Freud. Kemudian untuk dampakpembelajaran daring terhadap siswa pasca pandemi Covid-19 adalah: Materi tidak terserap secara maksimal, siswa kurangmemahami materi yang telah disampaikan. Akibatnya ketika awalawal pembelajaran tatap muka guru harus menyampaikan kembalimateri yang sudah dijelaskan pada saat melakukan pembelajarandaring. Selanjutnya dalam upaya yang dilakukan guru kelas 4B dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pasca pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar Islam Wachid Hasyim Surabaya adalahdengan menggunaan metode dan media pembelajaran yang bervariasi, memberi motivasi secara individu maupunberkelompok, memberi nilai secara langsung, memberi sanksiatau hukuman, melakukan kolaborasi dengan wali murid.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...