Jalan Medan – Tebing Tinggi km 30-31 berada di wilayah Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang. Merupakan jalan trans sumatera yang memiliki fungsi arteri primer dengan kecepatan rencana 60 km/jam, dari data kecelakaan Laporan Umum PKL Deli Serdang Tahun 2021. Dengan kondisi yang demikian, timbul permasalahan lalu lintas berupa kecelakaan lalu lintas. Oleh karena itu, untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan dengan menganalisis permasalahan tersebut. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode analisis pembobotan Z-Score dan analisis kronologis kecelakaan. Analisis pembobotan Z-Score digunakan untuk mengetahui segmen mana yang prioritas untuk dilakukan penanganan. Analisis kronologis digunakan untuk mengetahui kecenderungan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Segmen dengan tingkat kecelakaan tertinggi pada Jalan Medan – Tebing Tinggi km 30-31 antara lain sta 300-400, sta 400-500, dan sta 800-900. Faktor penyebab kecelakaan yang paling banyak terjadi manusia 40% dan prasarana 30%. Faktor manusia banyak pengendara melaju dengan kecepatan tinggi yang berakibat pada tingginya angka kecelakaan. Rekomendasi upaya peningkatan keselamatan yang diberikan disesuaikan dengan faktor penyebab kecelakaan seperti penambahan, penyesuaian, serta perawatan fasilitas perlengkapan jalan yang sesuai dengan persyaratan teknis dan penggantian bahan permukaan pada perlintasan sebidang dengan bahan full depth rubber.
Copyrights © 2022