Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 1 No. 1 (2021): Nilai Pancasila dan Budaya Politik Bangsa

Pemahaman Nilai-Nilai Ketuhanan dan Sikap Solidaritas dengan Perilaku Jujur Siswa SMK PGRI I Kota Bogor

Muhamad Yusuf (STKIP Arrahmaniyah)
Sri Rahayu Pudjiastuti (STKIP Arrahmaniyah)
Mohamad Sutisna (STKIP Arrahmaniyah)



Article Info

Publish Date
18 Mar 2021

Abstract

Nilai yang terkandung dalam Ketuhanan Yang Maha Esa manjadi sulit di realisasikan, terutama dalam mebangun kesadaran menghargai persamaan kedudukan warga negara, demikian juga dengan terwujudnya sikap solidaritas terhadap sesama siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris mengenai Hubungan pemahaman Nilai-Nilai KetuhananYang Maha Esa dan Sikap Solidaritas dengan Perilaku Jujur siswa Kelas XII SMK PGRI I Kota Bogor. Penelitian ini dilaksanakan bulan Mei sampai Oktober 2019. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif dengan studi koralasional. Jumlah sampel sebanyak 80 siswa yang di dapat secara acak. Instrumen yang digunakan untuk variabel X1 (pemahaman Nilai-nilai Ketuhanan YME) dikur menggunakan tesĀ  dan X2 (sikap solidaritas) dan Y (perilaku jujur siswa) menggunakan angket skala perilaku. Pengujian hipotesis terbukti bahwa terdapat hubungan positif antara pemahaman nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dan sikap solidaritas dengan perilaku jujur siswa. Koefisien korelasi jamak sebesar 0,993. Dari hasil perhitungan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,889. Dikatakan 88,9% variansi yang terjadi pada perilaku jujur siswa (Y) dapat dijelaskan oleh variabel pemahaman nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa (X1) dan sikap solidaritas (X2). Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan posistif antara pemahaman nilai-nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dan sikap solidaritas dengan perilaku jujur siswa.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...