Tedc
Vol 2 No 3 (2008): JURNAL TEDC

BAGAIMANA MENDIDIK ORANG DEWASA

Sueb . (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2019

Abstract

Pendidikan orang dewasa dimaksudkan suatu proses belajar mengajar yang diarahkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap pegawai, sehingga terjadi perubahan dalam bentuk kompetensi dan diharapkan dapat diterapkan di lingkungan kerjanya sehingga mampu menciptakan suasana kerja yang efisien dan efektif. Untuk itu strategi dan cara pembelajaran orang dewasa yang perlu dipertimbangkan dalam pelatihannya adalah: tetrciptanya fungsi perencanaan bersama, fungsi motivasi, fungsi metodologis, fungsi sumberdaya dan fungsi evaluasi baik self evaluation maupun ealuasi oleh Penatar. Selanjutnya faktor-faktor yang perlu diperhatikan terhdapat orang dewasa adalah faktor fisiologis, faktor psikologis, faktor lingkungan belajar, dan termasuk faktor penyajian dalam pelatihan, Senyatanya pelaksanaan proses pembelajaran orang dewasa hendaknya sitekankan pada pengalaman yang sudah diperoleh peserta. Metode ceramah, tugas belajar bila terlibat penuh selama proses belajar berlangsung. Oleh karena itu metode Diskusi, simulasi, bermain peranan, studi kasus, proyek lapangan perlun dipertimbangkan secermat mungkin. Dengan kata lain bahwa, peserta akan merasa ada kemjauan selama proses belajar berlangsung apabila ada kesempatan dalam memonitor dirinya, mengevaluasi sendiri kemajuan apa yang ia alami selama pelatihan. Kata kunci : Andragogi, dewasa, continuing education, pembelajaran, self evalluation.

Copyrights © 2008