Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 6 No 2 (2021): Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WITH A QUESTION (LSQ) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS IV SD NEGERI BATULACCU MAKASSAR

Rosy Novita Lamba (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Muhammad Nur (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)
Susalti Nur Arsyad (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Bosowa)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri Batulaccu Makassar Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif dengan metode quasy eksperimental dengan desain nonequivalent control grup design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IV A dan IV B sebanyak 38 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Observasi, Tes dan Dokumentasi. Hasil tes menunjukkan nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen sebanyak 22 siswa yaitu 80,00 dan pada kelas kontrol nilai rata-rata siswa yaitu 76,25 sebanyak 16 siswa. Berdasarkan hasil pengujian dari hipotesis yang menggunakan paired sample t-test hasil perhitungan data menunjukkan bahwa nilai signifikan (Sig.2-tailed) adalah 0,000. Jadi, pengujian hipotesisnya diterima karena 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan metode pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas IV SD Negeri Batulaccu Makassar.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

embriopendidikan

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Embrio Pendidikan: Jurnal Pendidikan Dasar adalah Jurnal yang Diterbitkan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (p-ISSN 2528-357X| e-ISSN 2961-8495) adalah jurnal ilmiah yang terbit dua kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini terbit secara offline sejak 2016 dan online sejak ...