Flawless
Vol 1, No 1 (2017): Januari

MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS IDI (INTRUCTIONAL DEVELOPMENT INSTITUTE) PERAWATAN TANGAN DAN MEWARNAI KUKU

Dina Ampera (Unknown)
Purnama Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jan 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran berupa produk model pembelajaran IDI pada mata pelajaran perawatan tangan dan mewarnai kuku. Metode peneitian yang digunakan  merupakan metode Research and Developmen). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Beringin, dan objek penelitian adalah mata pelajaran perawatan tangan dan mewarnai kuku.. Subjek penelitian  ini  adalah seluruh siswa kelas X tata kecantikan kulit SMK Negeri 1 Beringin. Hasil penlitian menunjukkan: (1) ahli materi perawatan tangan dan mewarnai kuku berada pada kulifikasi sangat baik (89,27%), (2) uji ahli desain pembelajaran berada pada kualifikasi baik (84,7%), (3) uji coba kelompok kecil berada pada kulifikasi (80,3%), (4) uji coba kelompok sedang berada pada kualifikasi baik (86%), (5) uji coba kelompok besar berada pada kualifikasi sangat baik (90,5%), (6) uji efektifitas siwa pada kualifikasi sangat baik (91,5%), (7) uji efektifitas guru pada kualifikasi sangat baik (90,8%) ini membuktikan tingkat keefektifan model pembelajaran IDI yang di kembangkan sangat baik.Kata kunci: Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Idi (Instructional Development Institute) dan Perawatan Tangan Dan Kuku.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

flawless

Publisher

Subject

Arts Education

Description

FLAWLESS merupakan Jurnal Pendidikan Tata Rias FT Universitas Negeri Medan yang diterbitkan 2 kali dalam setahun. Jurnal Flawless memuat tentang artikel hasil penelitian dan kajian konseptual bidang pendidikan tata rias, teknologi tata rias, tata rias dan kecantikan. Topik utama yang diterbitkan ...