Global Journal Basic Education
Vol 1 No 4 (2022): November

HUBUNGAN KECERDASAN INTRAPERSONAL DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS TINGGI UPT SDN 42 WAETUWO KECAMATAN TANETE RIATTANG TIMUR KABUPATEN BONE

Kadir Kadir (Universitas Negeri Makassar)
Selviana Wulandari Yahya (PGSD Universitas Negeri Makassar)
Adnan Adnan (PGSD Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional simetris yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan disiplin belajar siswa kelas tinggi UPT SDN 42 Waetuwo Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas tinggi UPT SDN 42 Waetuwo yang berjumlah 76 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobability yaitu total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Berdasarkan hasil analisis deskriptif diperoleh kecerdasan intrapersonal siswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 19,97 dan persentase 73,97%. Disiplin belajar siswa berada pada kategori baik dengan rata-rata 19,71 dan persentase 75,80%. Kemudian berdasarkan hasil analisis statistik inferensial menunjukkan nilai thitung (1,86307) lebih besar (>) nilai ttabel (1,66571) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan penelitian diperoleh kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal dengan disiplin belajar siswa kelas tinggi UPT SDN 42 Waetuwo Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...