Global Journal Basic Education
Vol 1 No 3 (2022): Agustus

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 229 PARIA KECAMATAN MAJAULENG KABUPATEN WAJO

Adnan Adnan (Universitas Negeri Makassar)
Sudirman Sudirman (Universitas Negeri Makassar)
Ernawati Ernawati (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
18 Aug 2022

Abstract

Penelitian ini adalah jenis penelitian korelasional simetris yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SDN 229 Paria Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas tinggi SDN 229 Paria berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Nonprobabilty yaitu total sampling. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian, menunjukkan bahwa kecerdasan emosional siswa memiliki kategori sangat baik dengan persentase sebesar 88,01% dan nilai rata-rata sebesar 113,54. Sedangkan motivasi belajar siswa juga dalam kategori sangat baik dengan persentase sebesar 86,68% dan nilai rata-rata sebesar 91,89. Korelasi antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa sebesar (rxy - 0,305 > r tabel 0, 297) yang artinya terdapat hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar siswa kelas tinggi SDN 229 Paria Kecamatan Majauleng Kabupaten Wajo. Karena r hitung atau pearson correlations dalam analisis ini bernilai negatif maka hubungan antara kedua variabel tersebut bersifat negatif, maknanya adalah makin meningkanya kecerdasan emosional maka makin menurun motivasi belajarnya. Dengan demikian, guru harus mempertahakan kecerdasan emosional dan motivasi belajar siswa agar tetap baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

gjp

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Global Journal Basic Education with e ISSN 2828-6383 is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical ...