Pembelajaran Biologi masih didominasi oleh aktifitas guru. Kelas berfokuspada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan berpegang pada buku paketsaja. Kegiatan pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada siswauntuk berinteraksi dengan benda-benda konkrit dalam situasi yang nyata.Permasalahan tersebut dapat di atasi menggunakan pendekatan pembelajarankooperatif dengan model Student Teams Achivement Division (STAD).Penelitian tindakan kelas digunakan dengan tujuan untuk mengetahui hasilbelajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 11 Kota Bandung. Hasil penelitianmenunjukkan, pada materi Menentukan ekosistem dan saling hubunganantara komponen ekosistem. Pada siklus I, siswa yang mengikuti tes terdapatsebanyak 5 siswa yang tuntas. Siswa tersebut dikatakan tuntas karena hasiltes yang diperoleh telah mencapai nilai KKM. Siswa yang dikategorikan tidaktuntas sebanyak 15 siswa, karena hasil tes yang diperoleh belum mencapainilai KKM. Dengan ketuntasan secara klasikal pada tes silus I adalah 25%. Sedangkan pada siklus II, dengan materi mengindentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem, telah mengalami peningkatan yaitu siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 20 siswa atau 100%, siswa yang dikategorikan tuntas. Dengan demikian model pembelajaran Student Teams Achivement Division dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa Kelas X SMA Negeri 11 Kota Bandung, pada materi Ekosistem.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2018