Media Nusantara
Vol 15, No 1 (2018): Juli 2018

PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS SISWA KELAS X PADA KONSEP EKOSISTEM DI SMAN 11 KOTA BANDUNG

Usep Suherman (Unknown)
Ifah Khadijah (Unknown)
Laela . (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Aug 2019

Abstract

Pembelajaran Biologi masih didominasi oleh aktifitas guru. Kelas berfokuspada guru sebagai sumber utama pengetahuan dan berpegang pada buku paketsaja. Kegiatan pembelajaran kurang memberikan kesempatan kepada siswauntuk berinteraksi dengan benda-benda konkrit dalam situasi yang nyata.Permasalahan tersebut dapat di atasi menggunakan pendekatan pembelajarankooperatif dengan model Student Teams Achivement Division (STAD).Penelitian tindakan kelas digunakan dengan tujuan untuk mengetahui hasilbelajar Biologi siswa kelas X SMA Negeri 11 Kota Bandung. Hasil penelitianmenunjukkan, pada materi Menentukan ekosistem dan saling hubunganantara komponen ekosistem. Pada siklus I, siswa yang mengikuti tes terdapatsebanyak 5 siswa yang tuntas. Siswa tersebut dikatakan tuntas karena hasiltes yang diperoleh telah mencapai nilai KKM. Siswa yang dikategorikan tidaktuntas sebanyak 15 siswa, karena hasil tes yang diperoleh belum mencapainilai KKM. Dengan ketuntasan secara klasikal pada tes silus I adalah 25%. Sedangkan pada siklus II, dengan materi mengindentifikasikan pentingnya keanekaragaman makhluk hidup dalam pelestarian ekosistem, telah mengalami peningkatan yaitu siswa yang dikategorikan tuntas sebanyak 20 siswa atau 100%, siswa yang dikategorikan tuntas. Dengan demikian model pembelajaran Student Teams Achivement Division dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa Kelas X SMA Negeri 11 Kota Bandung, pada materi Ekosistem.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

MediaNusantara

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Computer Science & IT Education Electrical & Electronics Engineering Industrial & Manufacturing Engineering Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Mathematics Other

Description

Media Nusantara ISSN: 1978-6824 (cetak) terbit dua kali per tahun diterbitkan oleh Universitas Islam Nusantara. Media Nusantara merupakan jurnal multidsiplin yang bertujuan untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh dosen, peneliti, atau praktisi. Setiap naskah yang masuk akan ...