Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 1 No 1 (2013): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK-ALOUDS TERHADAP PERKEMBANGAN METAKOGNITIF DALAM PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SD

Rima Rikmasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Feb 2013

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa keprihatinan peneliti terhadap rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran. Solusi yang diberikan, dengan menggali potensi siswa untuk mengembangkan metakognitif dalam pelajaran Bahasa Indonesia khususnya cerita dengan Model Pembelajaran Think-alouds. Data penelitian dari sebuah kompleks Sekolah Dasar Negeri di Subang, dengan objek penelitian kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi sehingga pengolahan data dilakukan dengan kuantitatif disertai deskriptif. Hasil penelitian menunjukan bahwa model pembelajaran think-alouds berpengaruh terhadap metakognitif siswa. Ditunjukkan dengan gain di ekperimen 4,7 sedangkan di kontrol 0,52. Maka sangat direkomendasikan bagi pendidik untuk menerapkan model pembelajaran think-alouds guna meningkatkan pemahaman membaca

Copyrights © 2013






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...