Kewirausahan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain. Pendidikan kewirausahaan bertujuan untuk membentuk manusia secara utuh (holistik), sebagai insan yang memiliki karakter, pemahaman dan ketrampilan sebagai wirausaha. Pendidikan kewirausahaan perlu ditanamkan dan dikembangkan sejak dini melalui peranan orang tua dan dunia pendidikan. Tujuan dari tulisan ini untuk mengemukakan konsep pendidikan kewirausahaan melalui pembelajaran IPA di SD dengan harapan agar pelaksanaan pendidikan kewirausahaan diterapkan ke dalam kurikulum di sekolah yang dapat merealisasikan pendidikan kewirausahaan dan direalisasikan peserta didik dalam kehidupan sehari-hari. Dimana dalam pembelajaran IPA terdapat nilai-nilai jiwa kewirausahaan yang dipraktekkan langsung dalam memecahkan persoalan, yaitu dengan Model pembelajaran berbasis masalah (Problem Base Learning) hasil karya John Dewey ini mendorong guru untuk melibatkan siswa diberbagai proyek berorientasi masalah dan membantu mereka menyelidiki suatu permasalahan
Copyrights © 2016