Pedagogik : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Vol 4 No 2 (2016): PEDAGOGIK : Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DAN KEMAMPUAN IMAJINATIF SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI METODE IMAJINASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR FOTOGRAFI

Idah Faridah Laily (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Sep 2017

Abstract

Salah satu keterampilan menulis yang dianggap sulit adalah keterampilan menulis puisi. Bagi sebagian orang, saat menulis puisi kita harus memiliki potensi dan daya kreativitas yang tinggi. Oleh karena itu bagi sebagian orang dikategorikan sebagai kendala atau penghambat dalam menulis puisi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat perbedaan menulis puisi siswa dan kemampuan imajinatif siswa dengan menggunakan metode imajiansi dengan menggunakan media gambar fotografi. Pada penelitian ini, nilai probabilitas yang dihitung dengan uji Mann Whitney untuk hipotesis H0 : 12terhadap H1 12 dengan nilai Z = -5.853 dengan probabilitas 0,000 ≤ 0,05. Oleh karena nilai probabilitas ≤ 0,05, maka untuk hipotesis kedua H0 ditolak, dengan demikian H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan kemampuan akhir menulis puisi melalui metode imajinasi dengan menggunakan media gambar fotografi daripada yang belajar menggunakan pembelajaran ceramah/konvensional

Copyrights © 2016






Journal Info

Abbrev

pedagogik

Publisher

Subject

Arts Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Physics Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Dasar Pedagogik Berisi tulisan tentang pendidikan dasar yang berkaitan dengan : Teori dan praktek pembelajaran serta gagasan konseptual, Bimbingan dan konseling di Sekolah Dasar, Hasil penelitian pendidikan dan pengajaran sekolah ...