Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar
Vol. 2, No. 1, April 2022

Upaya Meningkatkan Literasi Siswa melalui Program Kelompok Belajar pada Masa Pandemi Covid-19

Tika Nurtianingsih (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Arsihti Dwi Putri Indratyaseta (Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Romi Iriandi Putra (Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar)
Tiara Indah (Fakultas Komunikasi dan Bisnis, Universitas Muhammadiyah Karanganyar)



Article Info

Publish Date
01 Apr 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 ini telah mengganggu kegiatan belajar mengajar di berbagai sekolah termasuk di SMP N 2 Sambi, berbagai kebijakan telah dilakukan oleh Pemerintah Indonesia untuk mengatasi penularan Covid-19. Salah satu kebijakan tersebut adalah penerapan pembelajaran daring. Program kelompok belajar ini dilaksanakan berdasarkan permasalahan yang dialami siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaksimalkan pemahaman terhadap pembelajaran yang diberikan oleh sekolah secara daring. metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskripsi. Temuan yang dihasilkan dalam penelitian program kelompok belajar adalah adanya kegiatan program kelompok belajar untuk siswa SMP N 2 Sambi ini sangat bermanfaat karena dapat membantu para peserta didik memahami materi pembelajaran, meningkatkan motivasi siswa dalam belajar dan tetap semangat meraih prestasi. Secara konkrit ditunjukkan dengan peningkatan literasi siswa SMP N 2 Sambi yang terlihat dari antusias membaca buku fiksi maupun nonfiksi, sehingga permasalahan belajar di rumah bagi siswa-siswi SMP N 2 Sambi dapat teratasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jikm

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar (JIKM) merupakan jurnal ilmiah hasil pengabdian masyarakat yang memfokuskan kegiatannya pada program kampus mengajar. JIKM merupakan jurnal ilmiah dengan akses terbuka dan peer-review yang diterbitkan secara berkala oleh Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan ...