Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2021): Metakognisi

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Materi Matriks

Andri Imam Subekhi (STKIP Babunnajah)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Tujuan dilaksanakan penelitian adalah menganalisis pemahaman konsep matematis yang ditinjau dari minat belajar siswa penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar minat belajar siswa dalam materi matriks. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas X Akuntansi SMK Babunnajah Kabupaten Pandeglang yang berjumlah 33 orang yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 25 orang perempuan. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini digunakan instrumen penelitian yang terdiri dalam dua jenis, yaitu tes dan nontes. Instrumen jenis tes merupakan tes pemahaman konsep matematika dan instrumen non tes berupa angket minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Analisis data pemahaman konsep matematis siswa dianalisis dengan menggunakan teknik skor kemudian dikonversi sehingga menjadi nilai dengan rentang antara 0 sampai dengan 100. Skor tersebut kemudian digolongkan dalam kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan berdasarkan pertimbangan peneliti. Analisis data pemahaman konsep siswa terhadap matematika dikategorikan menjadi tinggi, sedang, dan rendah. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemahaman konsep matematis siswa SMK Babunnajah Kabupaten Pandeglang mayoritas masih di bawah dengan nilai rata-rata sebesar 59,18% sedangkan tingkat minat belajar siswa termasuk pada tingkat kategori sedang sebesar 62,41%.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...