Metakognisi : Jurnal Kajian Pendidikan
Vol. 3 No. 2 (2021): Metakognisi

Penggunaan Teknik Eksplorasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mencetuskan Gagasan Dalam Melukis Dekoratif Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 4 Pandeglang Tahun 2018/2019

Ahmad Faidhoni (SMA Negeri 4 Pandeglang)



Article Info

Publish Date
06 Jul 2021

Abstract

Rendahnya sebagian besar siswa dalam berimajinasi dan mengekspresikan gagasannya ke dalam wujud karya seni lukis, melatarbelakangi penelitian ini yang berjudul : “Penggunaan Teknik Eksplorasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Mencetuskan Gagasan Dalam Melukis Dekoratif Siswa Kelas XII IPA 1 SMA Negeri 4 Pandeglang Tahun Pelajaran 20018/2019”. Penelitian ini bertujuan sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berimajinasi dan berkarya. Melalui Teknik eksplorasi, penelitian tindakan kelas ini dilakukan terhadap siswa kelas XII IPA 1 yang berjumlah 36 orang melalui dua siklus penelitian. Setiap siklus terdiri dari beberapa tahapan yaitu : Tahap Pembelajaran, Tahap Penjelajahan, Tahap Penyaringan, Tahap Penguatan dan Tahap Pencetusan. Pengumpulan data diperoleh melalui lembar observasi dan hasil karya. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dai tahap pra siklus (68,05), siklus I (73,61) dan siklus II (80,55). Hasil ini menunjukkan efektivitas penggunaan Teknik eksplorasi sebagai

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

metakognisi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Metacognition is a journal of educational studies that contain writing the results of thought analysis, conceptual studies and research in the field of ...