Journal of Islamic Education and Innovation (JIEI)
Vol 2, No. 2: July - December 2021

Analisis pengaruh kompetensi, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam

Christian Kuswibowo (Politeknik APP Jakarta)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Produktivitas kerja guru masih menjadi problematika pengurus yang menuntut untuk diberikan tindakan yang terukur dan terencana. Penelitian dilaksanakan dengan maksud menganalisis pengaruh kompetensi kerja, motivasi kerja dan pengembangan karir terhadap produktivitas kerja guru pada lembaga pendidikan Islam SMP dan SMK Al Hamidiyah. Objek penelitian ini adalah kompetensi kerja, motivasi kerja, pengembangan karir, dan produktivitas. Adapun subjek penelitian ini adalah guru di dua sekolah tersebut. Responden pada penelitian ini dilakukan terhadap 42 responden, pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis asosiatif. Data dikumpulkan dengan angket penelitian terhadap responden dengan sampel dilakukan terhadap seluruh populasi yang dijadikan sebagai responden. Instrument penelitian menggunakan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis Structural Equation Model (SEM) dengan alat analisis Smart-PLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti kompetensi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. Pengembangan karir berpengaruh positif dan signifikan terhadap produktivitas kerja guru. 

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jiei

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences

Description

The main objective of the publication is to share or publish scientific article base on research and review from professional writers, researches, teachers, and lectures about Islamic education and innovation. The paper could be the original research paper, technical paper, conceptual paper, case ...