Jurnal Ilmu Pendidikan
Vol. 1 No. 2 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)

MARCHING BAND SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN KARAKTER DI SMA AL-MANAR MEDAN

Arrini Shabrina Anshor, Muhammad Noer Fadlan (Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah)



Article Info

Publish Date
09 Dec 2020

Abstract

Pendidikan karakter siswa dapat diterapkan dengan berbagai macam cara, salah satunya dengan menyisipkan nilai-nilai karakter dalam kegiatan ekstrakulikuler. Salah satunya ekstrakulikuler marching band. Berdasarkan pemaparan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter yang ditanamkan melalui kegiatan ekstrakulikuler marching band di SMA Swasta Al-Manar Medan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan teknik penyajian dalam bentuk deskriptif kualitatif, yang dimana peneliti memaparkan kejadian nyata sesuai fakta dilapangan Penelitian dilaksanakan di SMA Swasta Al-Manar Medan. Pengumpulan data penelitian ini diperoleh dari kegiatan observasi, wawancara, dan studi dokumen. Sedangkan proses analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendidikan karakter yang di dapati melalui kegiatan marching band di SMA Swasta Al-Manar Medan, yaitu telah di dapati nilai-nilai pendidikan karakter seperti disiplin, tanggung jawab, toleransi dan bekerjasama. Maka dari itu marching band diharapkan nantinya mampu menjadi tempat mengembangkan bakat dan karakter siswa yang sesuai dengan tujuan ekstrakurikuler.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JIP

Publisher

Subject

Education

Description

IP adalah jurnal penelitian akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Muslim Universitas Nusantara Al Washliyah (LP2M-UMNAW). JIP menerima artikel penelitian yang ditulis oleh peneliti, guru, siswa, akademisi, profesional, dan ...