cover
Contact Name
Alkausar Saragih
Contact Email
jilmupendidikan@gmail.com
Phone
+6281362192627
Journal Mail Official
jilmupendidikan@gmail.com
Editorial Address
https://jurnal-lp2m.umnaw.ac.id/index.php/JIP/Editorial
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Ilmu Pendidikan
ISSN : 23017740     EISSN : 27454193     DOI : -
Core Subject : Education,
IP adalah jurnal penelitian akses terbuka berkualitas tinggi yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Muslim Universitas Nusantara Al Washliyah (LP2M-UMNAW). JIP menerima artikel penelitian yang ditulis oleh peneliti, guru, siswa, akademisi, profesional, dan praktisi, jurnal ini diterbitkan setiap bulan Juli dan Desember.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 140 Documents
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING Elita Sembiring
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (435.431 KB) | DOI: 10.32696/jip.v1i1.446

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1). Meningkatkan hasil belajar siswa, (2). Meningkatkan aktivitas belajar siswa. (3). Meningkatkan pemahaman siswa dan pembelajaran yang menggunakan strategi pembelajaran kontekstual. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-5 SMP Negeri 1 Pancur Batu sebanyak 28 orang. Karena jumlah subjek dibawah 100 orang maka seluruh subjek menjadi sampel dalam penelitian ini. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan metode penilaian yaitu: data yang diperoleh dilakukan evaluasi berdasarkan hasil belajar siswa. Evaluasi hasil belajar siswa diberi rentang nilai dari 0-100. Kemudian data dihitung dari nilai rata-rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentase jumlah siswa yang belum tuntas memenuhi kriteria ketuntasan minimal. (1). Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran kontextual dengan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 47,5%, pada siklus I meningkatkan menjadi 64,64% kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 73,21%, (2). terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 60,71% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 85,71% pada siklus II, (3). terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I turun menjadi 39,29% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 14,29% dengan kata lain hanya 4 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (24) siswa memperoleh nilai 70 dan diatas 70.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH Sri Utami
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (432.846 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di Kelas VII-2 melalui strategi pembelajaran Berbasis Masalah di SMP Negeri 1 Pancur Batu Tahun Pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 SMP Negeri 1 Pancur Batu sebanyak 32 orang. Teknik yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Rentang nilai untuk tes adalah 1-100. Teknik analisa data yang digunakan adalah menggunakan perhitungan jumlah nilai rata-rata siswa, persentase jumlah siswa yang tuntas dan persentse jumlah siswa yang belum tuntas.. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran Berbasis Masalah dengan hasil sebagai berikut: (1) terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 30,63, pada siklus I meningkatkan menjadi 64,69 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 75,63 (2) terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 53,13% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 87,5% pada siklus II, (3) terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menjadi 46,87% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 12,5% dengan kata lain hanya 4 siswa yang memperoleh nilai di bawah 70 dan selebihnya (28) siswa memperoleh di atas 70.
PENGARUH PEMAHAMAN LAPORAN KEUANGAN DALAM MEMBUAT LAPORAN REKONSILIASI BANK Mhd. Zulkifli Hasibuan, Khairani Sakdiah, Aqila Zahara
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (581.234 KB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini dilakukan di SMK Al Washliyah 3 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman laporan keuangan dalam membuat laporan rekonsiliasi bank di kelas XI Akuntansi SMK Al Washliyah 3 Medan. populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi Al Washliyah 3 Medan yang berjumlah 23 orang dan mengambil sampel total yaitu 23 orang siswa. Anggapan dasar dalam penelitian ini adalah ”Kemampuan siswa membuat laporan rekonsiliasi bank dipengaruhi oleh pemahaman siswa terhadap laporan keuangan pada kelas XI Akuntansi SMK Al Washliyah 3 Medan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur kemampuan belajar akuntansi siswa berupa tes. Teknik analisis data yang digunakan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pemahaman laporan keuangan dalam membuat laporan rekonsiliasi bank adalah teknik produk moment. Kemudian untuk menguji hipotesis penelitian digunakan uji t, untuk n= 35 pada taraf signifikan 95% (α= 0,05). Dari hasil setelah di lakuakn uji coba pada soal latihan yang di berikan, seluruh siswa dapat mengerjakan laporan keuangan dengan baik, begitu juga dalam membuat laporan rekonsiliasi bank, dan haya saja pada saat untuk mengitung pengaruh antara kedua variabel tersebut dengan menggunakan olah data SPSS maka di peroleh hasil ada pengaruh antara menyusun laporan keuanagn dengan membuat laporan rekonsiliasai bank, walapun hasilnya hanya sebesar 0,6, dan ini artinya ada pengaruh walaupun cukup ataupun kecil, karena antara menyusun laporan rekonsiliasi bank merupakan bagian dari menyusun laporan keuangan. Karena menyusun laporan rekonsialiasi bank dan menyusun laporan keuangan merupakan bagian dari siklus akuntansi dan tak bisa terpisah –pisahkan dalam menyusun laporan keuangan.
EFEK PEMBERIAN REWARD DAPAT MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA Khairani Sakdiah, Mhd. Zulkifli Hasibuan, Putri Winda
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.322 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh pemberian reward dalam pembelajaran terhadap aktivitas siswa kelas X kompetensi keahlian Akuntansi SMK Al Washliyah 3 Medan (2) mengetahui pengaruh pemberian reward dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa kelas X kompetensi keahlian SMK Al Washliyah 3 Medan. Desain dari penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas X kompetensi keahlian teknik Akuntansi SMK Al Washliyah 3 Medan yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah masing-masing kelas.. Metode pemilihan sampel yang digunakan adalah metode intact group, dimana sampel yang diambil adalah terdiri dari dua kelas yaitu kelas X Ak 1 sebagai kelas kontrol dan kelas X Ak 2 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan lembar observasi, tes dan wawancara. analisis validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan experts judgment dan untuk instrumen tes hasil belajar ditambah dengan analisis butir soal yaitu dengan menghitung tingkat kesukaran dan daya pembedanya. analisis reliabilitas untuk instrumen lembar observasi aktivitas siswa dihitung dengan rumus Alpha Chronbach sedangkan untuk instrumen tes hasil belajar dihitung dengan rumus Kuder-Richardson (KR-20). Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah teknik uji-t dengan dua sampel independen.
HASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE JIG-SAW Mery Deliana Br Sebayang
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (441.156 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: Meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VII-1 melalui strategi pembelajaran cooperative tipe jigsaw di SMP Negeri 1 Pancur Batu pada tahun pelajaran 2019/2020. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 SMP Negeri 1 Pancur Batu sebanyak 33 orang. Instrumen yang digunakan untuk memperoleh data adalah menggunakan test, angket dan observasi. Rentang nilai untuk tes adalah 1-100.Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan perhitungan nilai rata-rata siswa, persentase nilai ketuntasan siswa dan persentase nilai siswa yang belum tuntas. Hasil Penelitian ini menunjukkan terdapat peningkatan hasil belajar dengan menerapkan strategi pembelajaran Cooperative Tipe Jig-Saw dengan hasil sebagai berikut: (1) Terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa, dimana pada tes awal rata-rata hasil belajar siswa adalah 40,31, pada siklus I meningkatkan menjadi 65,76 kemudian pada siklus II meningkat lagi menjadi 76,96. (2).Terdapat peningkatan jumlah siswa yang tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tuntas hanya 0%, meningkat menjadi 57,56% pada siklus I kemudian meningkat lagi menjadi 84,84% pada siklus II,(3).Terdapat penurunan jumlah siswa yang tidak tuntas, dimana pada tes awal jumlah siswa yang tidak tuntas mencapai 100%, pada siklus I menurun menjadi 42,44% kemudian pada siklus II menurun lagi menjadi 15,16% dengan kata lain hanya 5 siswa saja yang memperoleh nilai 60 dan selebihnya (28) siswa memperoleh nilai di atas 70.
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PEER LESSONS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KEARSIPAN Surtiani Ibtisam, Dara Fitrah Dwi
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.276 KB)

Abstract

Dalam usaha meningkatkan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan strategi belajar mengajar yang diharapkan mampu memperbaiki pembelajaran yang telah berlangsung salama ini. Observasi awal di SMK Setia Budi Binjai menunjukkan bahwa hasil belajar kearsipan masih rendah. Hal ini terbukti dari rata-rata nilai ulangan harian pokok bahasan sebelumnya adalah 73,7 didapatkan beberapa kekurangan dalam proses pembelajaran kearsipan antara lain : Kurang adanya keterlibatan siswa secara aktif dalam proses pembelajaran, Penyampaian materi hanya fokus pada guru serta sarana praktek yang masih kurang. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan pembelajaran kontekstual pada pelajaran kearsipan pada siswa SMK kelas XI. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1) perencanaan untuk membuat instrumen penelitian lainnya, 2) Pelaksanaan, melaksanakan pembelajaran kearsipan pokok sistem kearsipan 3) Observasi / pengamatan, 4) refleksi, menganalisis data hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan metode Kontekstual hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada masing-masing siklus, hal ini terlihat dari adanya peningkatan pada masing-masing siklus yaitu hasil tes siklus I nilai rata-rata 75,2 dengan ketuntasan klasikal 73,7% dan siklus II rata-rata 82,2 dengan ketuntasan klasikal 89,5%. Dari lembar observasi siswa dari siklus I aktifitas siswa menunjukkan aktivitas yang belum begitu baik atau menunjukkan persentasi C (2), dan setelah diadakan siklus ke- 2 peningkatan mulai terlihat pada lembar observasi aktivitas siswa yaitu baik dan sangat baik. Hasil pengamatan guru pada siklus 1 belum menunjukkan hasil yang memuaskan yang hanya mendapatkan nilai rata – rata 2 (cukup).
MENINGKATKAN PROFESIONAL GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK MELALUI WORKSHOP Armanto
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.931 KB)

Abstract

The aim of this study is to improve teacher competence in applied of Scientific Learning Approach through workshop and in SMP Negeri 1 Sunggal. The method of this study is school Action Research by using 2 cycles where each cycle consists of: (1) planning, (2) actuating and observation, (3) evaluating and (4) reflecting. The Subjects of this study are the teachers who teach in SMP Negeri 2 Sunggal Deli Serdang. They are 34 teachers. The technique of collecting data is observation, interview, questioner, and study of documentation. The technique of analising daa is by using the calculating of the percentage of the teachers who are able to apply Scientific Learning Approach and the persentage of the teacher who can not apply cntextual teaching and learning Approach in class,The results of the study show: (1) There is the increasing of the amount of the teachers who apply Scientific Learning Approach, from 34 teachers, it is still 24 ( 70,59%) of tachers who apply Scientific Learning Approach in first cycle and then it is improve in second cycle tobe 30 (88,24%) teachers who are able to apply Scientific Learning in class. (2) There is the decreasing of the amount of the teachers who are not able to apply Scientific Learning Approach, from 34 teachers, it is still 10 ( 29,41%) of tachers who can not apply Scientific Learning Approach in first cycle and then in second cycle is tobe 4 (11,76%) teachers who are not able to apply Scientific Learning in class (3) The competence of teachers in applying contextual teaching and earning can be improved through workshop..
STRATEGI ORANG TUA MILLENIAL DALAM MENANAMKAN KESADARAN MENJALANKAN SHALAT LIMA WAKTU Lynda Fitri Ariyanti
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.475 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan, strategi serta hambatan orangtua millennial menanamkan kesadaran menjalankan sholat lima waktu terhadap anak. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif jenis study kasus. Pengumpulan data dengan wawancara dan analisis datanya secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pandangan orangtua millenial pertama Kesadaran menjalankan sholat lima waktu mutlak ditanamkan secara dini, kedua, Kesadaran menjalankan sholat lima waktu tidak boleh tawar-menawar.Strategi yang digunakan untuk menanamkan kesadaran yaitu, pembiasaan(tarhif), memotivasi anak (targhib) dengan menciptakan majlis ilmu di rumah sebagai rekreasi wajib bagi keluarga, instalasi rutin mengenai Allah, keteladanan, shalat bersama-sama, pendampingan orangtua saat anak masih dalam tahap belajar terutama wudhu anak,namun jika orangtua bekerja di luar rumah atau tidak bisa mendampingi usahakan tetap ada yang dipasrahi untuk mengawasi shalat anak, orangtua harus tetap mengadakan komunikasi yang intens, mendoakan anak.Hambatan orang tua tidak bisa memantau anak-anaknya selama 24 jam, orangtua cenderung mengingatkan shalat dengan nada emosional, Anak menunda-nunda shalatnya.
ASESMEN MBTI DAN KARAKTERISTIK GLICKMAN DALAM MANAGEMEN ORGANISASI Ahmad Fikri Sabiq
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.922 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemetaan guru dan karyawan di SD PTQ Annida berdasarkan tipe indikator MBTI dan karakteristik Glickman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan angket dan observasi. Penerapan kedua teori ini adalah kepala sekolah memetakan guru berdasarkan kedua teori di atas. Untuk teori MBTI, pemetaan dilakukan dengan cara guru mengisi kuesioner yang dibuat oleh kepala sekolah. Adapun teori dari Glickman, kepala sekolah melakukan observasi ke guru secara langsung. Setelah kepala sekolah melakukan pemetaan, selanjutnya kepala sekolah dapat melakukan komunikasi dengan guru terkait dengan pengembangan sesuai dengan tipologi dan karakteristik masing-masing guru sehingga hasilnya lebih baik karena tepat sasaran dan pendekatan yang tepat. Kedua teori tersebut diterapkan secara bersamaan sesuai dengan kondisi satuan pendidikan yaitu SD Plus Tahfizhul Quran (PTQ) Annida.
MEDIA BALOK ANGKA MONTESSORI UNTUK ASPEK KOGNITIF DALAM BERPIKIR SIMBOLIK PADA ANAK Natalia Rosalina Rawa; Marsianus Meka; Maria Goreti Noa
JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2020): JURNAL ILMU PENDIDIKAN (JIP)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (396.843 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media balok angka yang praktis untuk meningkatkan berpikir simbolik pada anak kelompok B di TKK St. Skolastika Mataia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research Development), yang menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analisis, tahap desain, tahap pengembangan, tahap implementasi dan tahap evaluasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B di TKK St. Skolastika Mataia, Kecamatan Golewa, Kabupaten Ngada. Analisis data dengan pendekatan deskrpitif kualitatif dan deskriptif kuantitatif persentase. Hasil penelitian dan pengembangan media balok angka menunjukkan bahwa media balok angka yang digunakan untuk aspek kognitif dalam berpikir simbolik ini dikategorikan layak berdasarkan semua aspek yang divalidasi dan diujikan. Validasi materi dengan hasil penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan skor 100% dengan kategori “sangat valid”, penilaian oleh media mendapatkan skor 83% dengan kategori “valid”, penilaian oleh ahli desain pembelajaran mendapatkan skor 83% dengan kategori “valid” serta uji coba pada anak kelompok B TKK St. Skolastika Mataia sebagai pengguna produk dengan skor 100% untuk uji coba perorangan dengan kategori “sangat valid: dan uji coba kelompok kecil skor 100% dengan kategori “sangat valid”.

Page 1 of 14 | Total Record : 140