Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan
Vol 2, No 1 (2021): April 2021

MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGGUNAAN HURUF KAPITAL MELALUI PENERAPAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 1 NANGA PINOH.

Widya Renynurhida (STKIP MELAWI)
Mastiah Mastiah (STKIP Melawi)
Eko Fery Haryadi Saputro (STKIP Melawi)



Article Info

Publish Date
16 Jul 2021

Abstract

Abstract:This research aims to improve the ability to use letters students Indonesian language lessons especially on letter material in grade 5 Public Elementary School 1 Nanga Pinoh. The type of research used is Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, each cycle divided into 4 steps, consisting of planning, implementation, observation and reflection. Subjects in this study are student 5 grade Public Elementary School 1 Nanga Pinoh,27 consisting of 13 male students and 14 female students. Tthe object under study is increased ability to use capital letters. Data collection techniques in the form of tests and non-tests. The research instruments use tests to measure the ability to use capital letters and observation sheets to assess teaching and learning activities carried out.Research results in cycle 1 the value of the ability to use capital letters students get a percentage of 37,03%. The results of the observation sheet on the learning implementing plan (LIP) in cycle I obtained a percentage of 67,30%. Research results in cycle 2 the ability to use capital letters increased to 88,88%. In the cycle of 2 sheets of observation of the learning implementing plan (LIP) obtained a percentage 83,62%. These results have reached the success criteria. Thus tis research has been stopped.  Keywords: Capability in Capital Lettering, Drill Method, Indonesian Language. Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penggunaan huruf kapital siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia khususnya pada materi surat di kelas V Sekolah Dasar Negeri 1 Nanga Pinoh.Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 1 Nanga Pinoh, yaitu 27 siswa yang terdiri dari 13 siswa dan 14 siswi.Objek yang diteliti adalah peningkatan kemampuan penggunaan huruf kapital. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Instrumen penelitian menggunakan tes untuk mengukur kemampuan penggunaan huruf kapital siswa dan lembar observasi untuk menilai kegiatan belajar mengajar yang dilaksanakan. Hasil penelitian pada siklus I nilai kemampuan penggunaan huruf kapital siswa memperoleh persentase sebesar 37,03%. Hasil lembar observasi keterlaksanaan RPP pada siklus I memperoleh persentase sebesar 67,30%. Hasil penelitian pada siklus II kemampuan penggunaan huruf kapital meningkat menjadi 88,88%. Pada siklus II lembar observasi keterlaksanaan RPP memperoleh persentase sebesar 83,62% Hasil tersebut sudah mencapai kriteria keberhasilan. Dengan demikian penelitian ini telah dihentikan. Kata Kunci: Kemampuan Penggunaan Huruf Kapital, Metode Drill, Bahasa Indonesia.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JBPK

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal ini memuat artikel hasil penelitian dan kajian yang berkaitan dengan kebijakan dan permasalahan pendidikan dan kebudayaan. Peneliti, dosen, guru, mahasiswa, dan masyarakat umum dapat mengirimkan naskah kepada kami sesuai dengan Pedoman ...