Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan guru dalam mengimplentasikan kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala TK, bidang kurikulum dan guru kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kesulitan guru dalam menerapkan kurikulum 2013 PAUD dalam pembelajaran di Kelompok B Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh yaitu kurangnya penilaian dan persiapan guru dalam merencanakan pembelajaran. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan adalah adalah memahami kembali materi yang diajarkan, mengatur jadwal dan mengerjakan penilaian peserta didik serta membuat media pembelajaran.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022