Penelitian ini dilatar belakangi adanya kecenderungan guru dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran belum optimal dan kurang memahami bentuk pengintegrasian RPP tematik dengan Keterampilan 4C. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk pendeskripsian RPP tematik integrasi keterampilan 4C, untuk pendeskripsian kendala guru dalam membuat RPP tematik integrasi keterampilan 4C dan pendeskripsian strategi meningkatkan kompetensi guru dalam membuat RPP tematik integrasi keterampilan 4C. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah metode Library Research (Penelitian Kepustakaan). Pendekatan yang penulis gunakan dalam penelitian iniĀ  adalah pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini dalam pembuatan RPP sesuai dengan komponen dari keterampilan 4C dan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 14 tahun 2019 tentang penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran. Kendala yang dihadapi guru dalam penyusunan RPP tematik integrasi keterampilan 4C yakni kurangnya pemahaman guru tentang keterampilan 4C dan cara mengintegrasikannya dalam pembelajaran tematik. Strategi yang digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun RPP tematik integrasi keterampilan 4C dengan: (1) mengadakan pelatihan atau workshop dari sekolah maupun pemerintah; (2) guru mempelajari RPP dengan seksama; (3) guru mengikuti seminar yang berkaitan dengan RPP terutama yang berkaitan dengan keterampilan abad 21.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2021